{[["☆","★"]]}

Asmarandi, Kades Tarempa Barat -
ANAMBAS | KEJORANEWS.COM : Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyebaran coronavirus di wilayah desa, Pemerintah Desa Tarempa Barat membentuk Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona (Covid-19).

Saat dijumpai beberapa awak media pada Senin malam (30/03/2020), Asmarandi, Kepala Desa Tarempa Barat yang juga Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Desa Tarempa Barat menyampaikan terkait Covid-19, penyebaran virus corona terus meningkat dibeberapa daerah sehingga menimbulkan korban jiwa dan sebagainya.

"Pembentukan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 itu bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang terus meningkat, bukan hanya korban jiwa, tetapi kerugian material yang lebih besar dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya. 

Asmarandi juga mengatakan tugas Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Desa Tarempa Barat akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan.

"Kami akan fokus memberikan pengertian kepada masyarakat di Desa Tarempa Barat agar mematuhi himbauan pemerintah dan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas, ketika masyarakat sudah mematuhi himbauan itu, insyaallah kita akan bisa memutus rantai penyebaran virus tersebut," sambungnya. 

Ia menambahkan dalam waktu dekat akan memberi tugas kepada anggota Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Desa Tarempa Barat untuk melakukan pendataan warga yang baru kembali atau akan pulang dari luar daerah. 

"Kita akan mulai menyampaikan kepada anggota nantinya yang terdiri dari perangkat desa, BPD, Kadus, RW, RT, Pendamping Lokal Desa,  Ketua Karang Taruna, Ketua Pengurus Masjid, Ketua PKK, Ketua Kader Desa Siaga, Ketua BUMDES, ketua Posyandu dan Tokoh masyarakat untuk mendata kemungkinan warga kita yang baru pulang dan akan pulang dari daerah yang terpapar wabah virus corona, itu untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk," paparnya. 

Kades Tarempa Barat yang sudah menduduki jabatan selama dua periode itu sangat menanggapi serius persoalan virus corona dengan sudah menyiapkan sejumlah langkah dan skenario pencegahan virus corona di desanya, seperti akan melakukan karantina warganya yang baru kembali dari luar daerah.

"Jika itu dibutuhkan, kita akan menyiapkan langkah mengkarantina 14 hari warga kita yang baru pulang dari luar daerah, selain itu, kita juga akan terus mengimbau dan memantau warga yang mengalami gejala sakit untuk segara lapor kepada Gugus Tugas Desa supaya cepat dirujuk ke Puskemas dan Rumah Sakit terdekat," tegasnya. 

Menurutnya, langkah cepat, tepat dan tegas dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 harus diambil untuk menyelamatkan masyarakatnya dengan memberikan pemahaman dan pengertian bahwa karantina individu selama 14 hari sangat penting. 

Bahkan menurut Ia, selain akan segera melakukan koordinasi ke beberapa instansi dan kantor terkait Covid-19, Desa Tarempa Barat sudah menyiapkan anggaran untuk melakukan upaya pencegahan.

"Ia, kita sudah menyiapkan anggaran, kemudian akan kita maksimalkan sebaik mungkin dan penanganannya harus tepat sasaran," tambahnya. 

Lanjut dia mengingatkan dan menghimbau, agar masyarakat mematuhi imbauan dari pemerintah dan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas serta tidak keluar rumah untuk sementara waktu jika tidak ada urusan yang mendesak.

(Ardian)
 
Top