Tim Survei Kemenkes RI kunjungi Puskesmas Lanjut terkait Akreditasi Fasilitas Kesehatan


Tim Survei Kemenkes RI kunjungi Puskesmas Lanjut terkait Akreditasi Fasilitas Kesehatan

Photo Bersama -
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kab. Lingga, menggelar acara penyambutan kunjungan Tim Survei Akreditasi Kemenkes RI di halaman Puskesmas Lanjut pada Hari Rabu (16/10/2019) malam.

Kahadiran Tim Survei Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lingga yang diwakili oleh Kabid Pelayanan dan SKD, Fazinawati, Camat Singkep Pesisir, Drs. Jasmat, Kepala Puskesmas Lanjut, Enny Rozanty beserta seluruh pegawai dan staf, Kepala Puskesmas Resang dan Kepala Puskesmas Selayar, kepala Desa Lanjut serta tokoh masyarakat.

Kedatangan para Surveyor dari Kemenkes RI tersebut dalam rangka pelaksanaan tugas survey untuk akreditasi puskesmas. Kunjungan Tim Survei Akreditasi diketuai oleh dr. Sri Agustina Sinuhaji, M. Epid, bersama dua rekan rekan lainnya yaitu dr. Nita Yulianda dan drg. Adiansyah, M. Kes.

Ketua Tim Akreditasi dr. Sri Agustina Sinuhaji, M. Epid, dalam sambutannya mengatakan, "tugas kami melihat langsung keadaan puskesmas secara nyata. Ada tiga hal yang kita survei. Pertama, administrasi dan manajemen, kedua, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas-sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan serta ketiga menyangkut pelayanan puskesmas", jelas Sri Agustina Sinuhaji.

Selain itu,  “Akreditasi ini dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional,” jelasnya.

Jadi, survei akreditasi ini wajib dilakukan, tujuan utama akreditasi Puskesmas ini adalah agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan sesuai standar. “Begitu pula petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP ,” katanya.

Camat Singkep Pesisir, Drs. Jasmat dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih  atas kunjungan Tim survei di Puskesmas Lanjut.

Jasmat Berharap, "semoga penilaian ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga kedepan Puskesmas Lanjut bisa menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat pada umumnya".

Plt. Kepala Puskesmas Lanjut, Enny Rozanty mengungkapkan, "kehadiran Tim surveior ini dalam hal proses penilaian akreditasi Puskesmas Lanjut yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mutu kinerja puskesmas Lanjut, adapun proses penilaian akreditasi oleh Tim Survei dari Kemenkes RI berlangsung selama 3 hari kedepannya.", ungkap Enny Rozanty.

"Besar harapan kami dengan adanya penilaian dari tim survei Kemenkes RI ini Puskesmas Lanjut dapat memperoleh nilai yang maksimal dan berharap kinerja petugas kesehatan dalam hal pelayanan kesehatan bisa menjadi lebih baik lagi", tutup Enny.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan fakta integritas oleh Kepala Puskesmas lanjut dan disaksikan oleh Kabid Pelayanan dan SKD dari Dinas Kesehatan Kab. Lingga.


( Humas/ Mardian )
Lebih baru Lebih lama