BAWASLU Kota Banjar Gelar TOT ( Traning Of Trainers ) Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024


BAWASLU Kota Banjar Gelar TOT ( Traning Of Trainers ) Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024

 

BANJAR I KEJORANEWS.COMBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjar menggelar Training Of Trainer (TOT) Pelatihan Saksi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2024 se-Kota Banjar, yang berlangsung di Aula Somahna Bagja Dibuana, Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Senin(5/2/2024).


Kegiatan tersebut diikuti para saksi peserta Pemilu di Kota Banjar.


Training Of Trainer (TOT) ini menjadi moment penting untuk memberikan pemahaman kepada para saksi soal teknis pemungutan suara nanti di hari H.


Abdullah Dahlan, pemateri dalam kegiatan TOT tersebut mengatakan, salah satu tugas Bawaslu yakni melakukan pelatihan saksi untuk peserta pemilu, juga memberikan pemahaman bagaimana tugas fungsi saksi di TPS nanti.


"tugas bawaslu salah satunya melakunan pelatihan saksi peserta pemilu dan memberikan pemahaman tugas fungsi saksi TPS, oleh karena itu, saksi di TPS itu menjadi penting untuk hadir, ”jelas Abdul Dahlan yang juga selaku Pengamat Pemilu


Menurutnya, dalam kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Bawaslu, mengumpulkan seluruh peserta Pemilu, dan sharing pemahaman tentang teknis pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS dan potensi-potensi kerawanan kecurangan yang terjadi, yang perlu dicegah dan dihindari.


” Di mana peserta Pemilu baik Paslon, Partai politik dan DPD juga penting memahami satu prosedur teknisnya dan juga kerawanan-kerawanan yang terjadi pada hari H nanti, ” imbuhnya.


Dahlan menambahkan, Dari TOT Pelatihan Saksi Partai Politik Peserta Pemilu 2024 ini, yang terpenting peserta juga memahami selanjutnya bisa mentransfer ke petugas di lapangan nanti, soal yang menjadi fokus, kerawanan dan tugas serta fungsi saksi di TPS.


” Jika ini satu pemahamannya sama dan kuat maka harapan kita, pengawalan di TPS itu semakin kuat dan mereduksi potensi kecurangan,“ pungkasnya. (AO).



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama