Diduga Masyarakat Menjerit Harga Tabung Gas Elpiji 3kg Capai Rp.25000


Diduga Masyarakat Menjerit Harga Tabung Gas Elpiji 3kg Capai Rp.25000

Tabung Gas Elpiji 3kg
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Masyarakat Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji mengeluhkan kesulitan mendapatkan bahan bakar gas elpiji ukuran 3 kg. Gas elpiji 3 kg sulit didapatkan karena persediaan di warung maupun di pangkalan dan agen resmi elpiji di setempat langka.


"Hampir seluruh warung dan pangkalan elpiji di Kecamatan Simpang Pematang yang selama ini menjual gas 3 kg tidak memiliki stok. Semua tabung gas yang mereka jejer di warung dalam keadaan kosong. Pemilik warung mengaku kini sulit mendapatkan gas 3 kg, karena stoknya di daerah ini terbatas," kata salah seorang warga pemilik warung di Desa Simpang Mesuji yang enggan disebutkan namanya, Senin(1/2/2021).

 

Ia mengatakan, untuk mendapatkan gas 3 kg di Kecamatan Simpang Pematang sangat sulit. Semua warung yang selama ini menjual elpiji sekarang hampir tidak lagi. "Semua tabung gas 3 kg yang berjejer di warung mereka dalam keadaan kosong. Meski mereka memiliki stok jumlahnya terbatas dan harga dijual Rp 25.000,00/tabung," ujarnya.


Hal senada diungkap Supri(22)Tahun Tukang Bangunan, warga Desa Aji Jaya. Ia mengatakan, kelangkaan stok gas 3 kg di pangkalan dan agen di daerah ini, akibat diduga ulah oknum masyarakat pemilik warung yang membeli gas di pangkalan lebih dari satu tabung.


Akibatnya, stok tabung gas di pangkalan dan agen dalam tempo singkat habis. Padahal suplai gas 3 kg dari Pertamina ke daerah ini cukup untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

 

Namun, karena pemilik warung membeli gas 3 kg lebih dari satu tabung, maka stok yang ada di pangkalan cepat habis terjual dari semestinya. Akibatnya, warga yang terlambat membeli di pangkalan atau agen setempat tidak kebagian lagi gas 3 kg tersebut.


Dengan demikian, terpaksa harus membeli di warung terdekat yang memiliki stok dengan harga Rp 25.000,00/ tabung. Hal ini sangat dikeluhkan masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga di Desa Aji Jaya, Supri.


Supri berharap pemilik pangkalan dan agen gas elpiji di Kecamatan Simpang Pematang, agar selektif melayani masyarakat yang akan membeli bahan bakar elpiji 3 kg tersebut.


"Masyarakat pemilik warung jangan meladenin bila ada warga hendak membeli 3 kg lebih dari satu tabung. Layani mereka sama dengan warga lain, sehingga penyaluran gas 3 kg di Aji Jaya tepat sasaran," harapnya.


Sampai berita ini dipublikasikan belum ada penjelasan resmi dari Disperindag, Koperasi dan UKM atau Instansi terkait.


(M.Sagiman)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama