{[["☆","★"]]}

Peserta dan nara sumber foto bersama usai acara-
JATIM I KEJORANEWS.COM: Gelar bazaar pertama UMKM Desa Sidogiri telah dilakukan hari Kamis, 15 Oktober lalu. Di halaman Balai desa, diikuti sekitar 20 an peserta pelaku UMKM Desa setempat. 

Mengiringi acara sosialisasi dan pendampingan dari Satria Emas Kabupaten Pasuruan. Sebuah program  khas yang telah  diluncurkan oleh Kabupaten Pasuruan sejak 2016 lalu dan berlangsung hingga kini.

Bupati Irsyad telah meluncurkan program Satria Emas (pusat strategi dan pelayanan ekonomi maslahat) tahun lalu. Satria Emas adalah klinik UMKM yang mendampingi para pengusaha mikro kecil dan menengah itu agar lebih berdaya, mampu bersaing, dan semakin bagus dalam berproduksi serta pemasaran.

Pendamping Satria Emas dikoordinatori Musdalifah, juga pejabat dari disperindag Musbakhul Munir dan Lembaga dari pesantren Sidogiri yang ikut menangani retail Basmalah hadir pada saat itu. Memberikan pencerahan untuk berkembangnya UMKM di Desa Sidogiri.

"Kami berharap, kehadiran Satria emas bisa menjembatani UMKM di Sidogiri untuk terus maju dan berkembang," tutur Bu Kades Dewi Rodiyah sebagai Pembina Paguyuban UMKM Sidogiri.

Pembina UMKM Dewi Rodiyah

"Satria Emas ini kehadirannya untuk memanjakan UMKM yang ada di Kabupaten Pasurua. Kami akan dampingi anda semua untuk bisa memajukan usaha." Tambah Musdalifah ketika memaparkan tentang Satria Emas. 

Sementara itu Misbakhul Munir menyatakan bahwa pihak Disperindag akan terus membantu UMKM di Kabupaten Pasuruan. Baik dari pengembangan produk, pendampingan manajemen keuangan, hingga pemasaran. Tentu lewat Satria Emas.

Hasil dari sosialisasi itu terbentuk paguyuban UMKM Sidogiri yang kiprahnya akan mengikuti BUMDES. Dengan lanjutan programnya yakni mengadakan Bazaar berkala tiap Jumat. Gelar awalnya di lapangan parkir Pesantren Sidogiri. 

Ketua paguyubannya Rosyidah menyambut dengan sigap, " Rencana akan kami mulai laksanakan 27/10/2020 besok. Melibatkan seluruh UMKM Sidogiri, lengkap dengan produk, tempatnya akan kami upayakan tenda kerucut supaya terlihat indah dan nyaman," ujarnya.

Kades Sidogiri merespon rencana ini dengan antusias pula " Bazaar semoga bisa dilaksanakan H-3 sebelum maulid sampai 3 hari setelah maulid nabi  di lapangan." Tutur lelaki yang bernama lengkap Ali Makki  itu menyambut baik usulan paguyuban UMKM Sidogiri. 

(Anis Hidayatie, Untuk Kejoranews)

 
Top