Warga Binaan Lapas Kotabumi Mendapat Pelatihan Keterampilan dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampura


Warga Binaan Lapas Kotabumi Mendapat Pelatihan Keterampilan dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampura

Photo Bersama-
LAMPUNG UTARA I KEJORANEWS.COM : Plt. Bupati,H.Budi Utomo, SE., M. M., membuka Pelatihan Kemandirian  warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Kotabumi. Selasa (14/07/2020).

Pelatihan Kemandirian Keterampilan Kerajinan dari Bahan Fiberglass untuk warga binaan tersebut digelar Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Lampung Utara yang bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi di Lapas Kelas IIA Kotabumi. 

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Lampung Utara menyampaikan bahwa  dilaksanakannya kegiatan untuk menambah pengetahuan dan memberikan bekal keterampilan bagi  53 orang peserta pelatihan yang merupakan  warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Kotabumi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Kotabumi,Endang Lintang Hardiman, S.H., M.H., melaporkan bahwa jumlah warga binaan mencapai 365 orang dan petugas 68 orang.

" Terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas kepeduliannya yang telah membantu warga binaan kami. Saat ini Lapas Kotabumi sedang menuju zona integritas agar menjadi ikon di Kab Lampura. " Ujar Endang.

"Kami juga ingin memberikan hasil karya dari warga binaan kami berupa 1 set kursi. Ini hasil daur ulang drum yang biasanya dijadikan tempat sampah, kini  dapat kami dijadikan sesuatu yang lebih layak. " Tambahnya. 

Lanjutnya, bukan hanya kursi yang terbuat dari drum bekas, tetapi warga binaan lapas Kotabumi juga memproduksi masker guna menghadapi Covid-19.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Lampung Utara menyambut baik atas kegiatan tersebut. Menurutnys kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan warga binaan. Agar setelah selesai menjalankan masa pembinaan di Lapas  mereka dapat melanjutkan kehidupan di luar yang lebih baik lagi bersama keluarga.

" Kepada warga binaan yang akan mengikuti keterampilan, semoga dapat menambah nilai ekonomis, dan disukai masyarakat. Dan kepada isntruktur jika ada inovasi lain ditularkanlah kepada warga binaan, agar apabila mereka sudah kembali kepada keluarganya sudah punya keterampilan untuk menyambung hidup mereka selanjutnya. " Terang Budi Utomo.

"Mari kita bersama membekali diri dengan berbagai keterampilan dan kecakapan hidup agar kita dapat membenahi kehidupan ini menjadi lebih baik lagi." Lanjutnya. 

Dikatakannya lagi, bahwa kegiatan tersebut memiliki makna, yaitu bagaimana memanusiakan manusia dengan memberikan keterampilan dan ilmu, sehingga keterampilam itu dapat dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. 

Bupati juga mengaku sangat mendukung warga binaan yang mau mengikuti pelatihan, bahkan menyampaikan akan menyediakan satu ruangan atau Ruko guna memasarkan hasil karya produk warga binaan, dan juga mencari instruktur-instruktur yang baru untuk menambah pengetahuan warga binaan.

"Saya berharap kepada para warga binaan kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang diperoleh pada pelatihan ini dapat menjadi bekal yang baik dikemudian hari nanti.

Di akhir acara Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mendapatkan cenderamata hasil karya dari warga binaan Lapas Kotabumi.


(Edian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama