Peringati Hari Pahlawan 10 November, Pemda KKA Gelar Upacara dan Tabur Bunga


Peringati Hari Pahlawan 10 November, Pemda KKA Gelar Upacara dan Tabur Bunga

Wakil Bupati Menjadi Inspektur Upacara -
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bersama dengan instansi vertikal baik dari TNI/POLRI menggelar Upacara dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019 dengan Tema "Aku Pahlawan Masa Kini" pada Minggu pagi (10/11/2019) di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa Kecamatan Siantan. 

Terlihat ratusan personil dari TNI AL/AD, Polres Anambas, Satpol-PP/Damkar KKA, Dishub KKA, Tagana KKA, dan PTT KKA ikut  berpartisipasi dikegiatan upacara tersebut.

Pada kesempatan itu Pelaksana Harian (Plh) Bupati KKA Wan Zuhendra yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya Hari Pahlawan mengingatkan kembali pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen bersejarah dalam merebutkan kemerdekaan Indonesia.

"Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan", katanya sesuai amanat Menteri Sosial RI Juliari P Batubara. 

Lanjut dia menyampaikan sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers Bung Karno yang menyatakan bahwa

" Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar...". Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini", ucapnya sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2019.

Sementara itu dalam peringatan Hari Pahlawan untuk menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun dalam bentuk aksi - aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti bahu membahu menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis dan lain sebagainya. 

"Sekarang, untuk menjadi pahlawan dapat dilakukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, maupun membawa harum nama bangsa di kancah dunia atau Internasional, " sambungnya. 

Terakhir Wan mengharapkan dengan Peringatan Hari Pahlawan dapat meningkatkan kesadaran cinta terhadap tanah air. 

"jangan biarkan keutuhan NKRI yang dibangun pendahulu negeri menjadi sia-sia. Mari kita maknai Hari pahlawan ini dengan wujud nyata , bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju, " tutupnya.

Selanjutnya setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi Tabur Bunga di Pelabuhan PELNI Tarempa sebagai bentuk penghormatan bagi para Pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Terlihat hadir Sekda KKA Sahtiar, Danlanal Tarempa, Danlanudal Palmatak, perwakilan Polres Anambas, Kemenag KKA, Danramil Tarempa dan OPD, Tokoh masyarakat, LSM/OKP KKA.





( ARDIAN) 
Lebih baru Lebih lama