{[["☆","★"]]}
Zakimin Yusuf, Kadis Perikanan Natuna -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Setelah menunggu sekian lama, akhirnya terjawab sudah waktu peresmian Sentra Kelautan perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Kabupaten Natuna. SKPT yang digadang – gadangkan akan menjadi salah satu sentra perikanan terbesar di Indonesia itu rencananya akan diresmikan oleh Mentri kelautan Perikanan Susi pudjiastuti pada Senin pekan depan.

Persiapan untuk peresmian itu terus dimatangkan oleh tim dari Kementrian kelautan Perikanan dan Pemerintah Kabupaten Natuna, diantaranya melalui berbagai rapat dan survei lapangan.

Kepala Dinas Perikanan kabupaten Natuna, Zakimin Yusuf di Ranai mengungkapkan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sempena peresmia SKPT tersebut. Diantaranya adalah sosialisasi dan pemberian bantuan kepada nelayan Natuna.

“Sejalan dengan peresmian itu ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya mulai dari worksop dengan nelayan di Natuna Hotel,” jelas Zakimin, Rabu (2/10/2019).

Dijelaskan Zakimin, sementara pada hari H, kegiatan persemian SKPT di Selat Lampa juga akan diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti pentas seni budaya oleh siswa sekolah, penyerahan simbolis bantuan  Pemerintah lingkup KKP kepada pemerima, yakni nelayan dan pelaku usaha kelautan perikanan di Natuna,penyerahan CSR dan bantuan permodalan dari lembaga keuangan.
Penyerahan SIPI/SIKPI kapal Izin Pusat di WPP 711 yang berpangkalan dipelabuhan Selat Lampa, gemarikan dan Klinik mutu ikan, Diversivikasi usaha nelayan, expoo pendanaan dan asuransi nelayan, Peluncuran Ekspor Perdana gurita hasil perikanan SKPT Natuna, BUMN Perindo kepasar Jepang. Penijauan booth/ stand K/L/Perbankan/LPMUKP/UMKM, aktivitas bongkar muat di dermaga, aktivitas TPI, dan fasilitas lain di SKPT Natuna.

Selanjutnya, katanya, rangkaian kegiatan peresmian SKPT Selat lampa itu akan mulai dilaksanakan sejak tanggal 3 Oktober hingga 7 Oktober, di Ranai dan Selat Lampa. Ditargetkan akan hadir sekitar 1000 orang pada persemian SKPT nantinya.

" Meskipun SKPT Selat lampa akan segera diresmikan oleh Mentri Susi pudjiastuti, namun tahapan pembangunan Sentra kelautan perikanan terpadu itu sendiri hingga saat ini msih belum 100 persen selesai.
SKPT yang keseluruhan luas lahannya mencapai 300 hektar tersebut masih menyelesaikan beberapa bagian, seperti rumah singgah nelayan, dan penambahan coolstorage." Ujarnya
lagi.

Zakimin menambahkan, nantinya usai diresmikan pengelolaan SKPT dan tanggung jawab nya akan di pegang oleh satuan kerja khusus langsung dari Kementrian kelautan perikanan.

“Sepertinya akan ada Unit pelaksana Teknis yang terpisah dari Pemerintahan Kabupaten Natuna, karena memang pembangunan SKPT ini bukan kewenangan daerah akan tetapi langsung dari kementrian,” jelas Zakimin.

Mentri Susi Pudjiastuti dijadwalkan akan tiba di Natuna pada hari Minggu (6/10/2019) petang, bersama rombongan, sejumlah pejabat di kementrian KKP dan 8 orang Perwakilan Duta Besar negara sahabat, yang diundang secara khusus guna menghadiri persmian tersebut.
Selain itu juga diagendakan akan hadir Gubenur Provinsi kepulauan Riau Isdianto beserta sejumlah pejabat Pemprov kepri. (Red) 
 
Top