Pelaku Pariwisata Natuna Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata


Pelaku Pariwisata Natuna Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata

Kadispar Natuna, Hardinansyah Sampaikan Kata Sambutan - 
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sebanyak 80 orang pelaku usaha pariwisata di Natuna mengikuti pelatihan pemandu wisata  budaya (kuliner dan belanja) dan pemandu wisata alam (geowisata) Kabupaten Natuna yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Makan sisi basisir itu digelar selama 3 hari mulai senin (17/6/2019) hingga Rabu (19/6/2019, menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, salah satunya adalah Kepala Dinas pariwisata provinsi Kepri, Buralimar.
 Indah Titik, Sekdispar Natuna, Hardinansyah Kadispar Natuna
Buralimar, Kadispar Kepri 


Ketua Panitia Pelaksana Tehnik Kegiatan (PPTK) Irlizar, dalam  laporannya pada pembukaan pelatihan, menyampaikan sasaran kegiatan tersebut adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman kualitas serta kompetensi masyarakat dan pelaku usaha pariwisata.

“Meningkatkan pengetahuan dalam mempromosikan wisata dan perencanaan paket perjalanan wisata,” kata Irlizar.

Kegiatan pelatihan pemandu pariwisata di Natuna baru pertama kali dilaksanakan , namun diharapkan dapat melahirkan pelaku wisata yang mampu dan memahami dunia pariwisata terutama dibidang promosi wisata melalui kegiatan menjadi guide atau pemandu. Oleh akrenanya Kepala Dinas Paiwisata Kebudayaan Kabupten Natuna, Hardinansyah mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik mungkin.

“Kepada seluruh peserta diharap dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan tujuannya dapat mengembangkan kualitas diri, sehingga apa yang disampaikan oleh narasumber dapat diterapkan dan kedepannya akan membuat usaha Bapak Ibu sekaian semakin maju,” ujar Hardinansyah.

Adapun materi pelatihan yang akan diberikan kepada para peserta diantaranya untuk pemandu wisata alam meliputi, pengetahuan umum  tentang kepariwisataan dan pramuwisata, strategi promosi wisata daerah, pengetahuan penerapan Standar kompetensi kerja Nasional Indonesia (SKKN I) Pemandu wisata alam, dan mekanisme dan tehnik pemandu wisata alam(geowisata).

Sementara untuk pemandu wisata budaya (kuliner dan Belanja) meliputi : pengetahuan dibidang pemandu wisata budaya, strategi promosi wisata kuliner dan belanja,mekanisme dan tehnik pemandu wisata budaya, dan tehnik pengelolaan wisata kuliner dan belanja.
Kegiatan pelatihan pemandu wisata dilaksanakan dengan sumber biaya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik kementrian Pariwisata RI dan APBD Natuna tahun 2019.(adw)
Lebih baru Lebih lama