Kepala Daerah Natuna Hadiri Launching Club Prolanis Kecamatan Pulau Tiga


Kepala Daerah Natuna Hadiri Launching Club Prolanis Kecamatan Pulau Tiga

Bupati Wan Siswandi bersama Masyarakat-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Bertempat dilapangan Bola Kaki Kecamatan Pulau Tiga, Minggu (05/06/2022) pagi diadakan kegiatan olahraga bersama dalam rangka Launching Prolanis ( Pengelolaan Penyakit Kronis) dengan Gerakan " Gebet Dia di Pulau Tiga ( Gerakan Berantas Atasi Hipertensi dan Diabetes di Pulau Tiga". Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati NAtuna Wan Siswandi, Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Natuna, Putra dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Natuna lainnya.


Prolanis merupakan program kerjasama dinas kesehatan bersama BPJS dalam mengontrol pengelolaan penyakit kronis, dengan membentuk club Prolanis di masing masing desa pada kecamatan Pulau Tiga. Club Prolanis Kecamatan Pulau Tiga merupakan yang pertama dan satu - satunya di Kabupaten Natuna.


Camat Pulau Tiga Idris dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kegiatan Prolanis menjadi langkah  awal bersama untuk menjaga para orang orang tua berprilaku pola hidup sehat dan selalu dalam keadaan sehat.  


"Semoga ini menjadi langkah bagi kita bersama untuk menjaga orang orang tua kita untuk hidup lebih sehat dan dapat menjalankan pola hidup sehat. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada kades yang telah mengakomodir masyarakat untuk hadir pada kegiatan hari ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan masyarakat, " ujar  Idris. 


Sementara itu pada Kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Natuna, Putra   dalam sambutannya menyampaikan,mengenai program prolanis dan juga kepesertaan masyarakat Natuna dalam program BPJS Kesehatan yang kini telah mencapai 98 % .


" Tentunya kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Natuna karena 98 % Masyarakat Natuna telah di lengkapi fasilitas BPJS Kesehatan. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk fokus dalam mensejahterakan masyarakat di bidang Kesehatan," kata Putra. 


Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan, Hikmat Aliansyah dalam sambutannya menyampaikan mengenai fokus dari dibentuknya Clob Prolanis, yakni lebih fokus pada penyakit yang biasa diderita masyarakat terutama lanjut usia, seperti Hipertensi.


" Ada beberapa penyakit menjadi fokus dari Club Prolanis salah satunya adalah Hipertensi, angka hipertensi di Natuna sendiri mencapai angka 52 % . Sehingga Pemerintah melalu dinas kesehatan  harus mengambil langkah untuk mengurangi resiko penyakit kronis dengan program program seperti ini, " ujar Hikmat Aliansyah. 


Mengingat kegiatan launcing Prolanis bertepatan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup, Kadiskes Natuna ini juga mengingatkan warga Pulau Tiga untuk tidak lagi membuang sampah dilaut.


"Dalam memperingati hari lingkungan hidup kita juga menggerakkan gerak " Stop buang sampah di laut", sebagai bentuk penerapan pola hidup sehat dan didukung oleh lingkungan yang bersih," tambah Hikmat.


Sedangkan Kepala Daerah Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah terus mendorong program - program di bidang kesehatan. 


" Sekitar 68.000 masyarakat Natuna sudah di tanggung oleh Pemkab Natuna fasilitas BPJS Kesehatan, sedangkan dari provinsi dan Pusat sekitar 40.000. Dimana di tahun ini ada  perubahan 20.000 yang dulu ditanggung oleh pemerintah daerah dialihkan ke anggaran APBN," jelas Bupati Natuna. 


" 2 hari Saya dan Pak Hikmat bertemu dengan kementerian Kesehatan. Dalam pertemuan tersebut kami menyampaikan bahwa Natuna ini Sudah 22 tahun tapi rumah sakit nya masih tipe C, sehingga kami mendorong pemerintah pusat untuk mengajukan perubahan status di naikan menjadi tipe B. Peningkatan status ini dapat menjadi solusi untuk melengkapi fasilitas yang jauh lebih lengkap. Sehingga proses pengobatan untuk penyakit tertentu dapat di tangani oleh RSUD Natuna," tambah Wan Siswandi.


Orang Nomor satu di Natuna ini juga menyampaikan  masyarakat yang ingin melakukan pengobatan keluar Natuna, dapat menggunakan fasilitas rumah singgah yang di sediakan oleh pemerintah Natuna di Kota Batam, sehingga dapat mengurangi beban biaya yang di keluarkan saat melakukan pengobatan di luar daerah. 


" Bidang kesehatan menjadi prioritas pertama pemerintah Kabupaten Natuna, sehingga Pemkab Natuna terus melakukan percepatan pembangunan di bidang kesehatan baik infrastruktur dan program program inovatif di bidang kesehatan seperti hari ini. Kita berharap kegiatan ini dapat menjaga kesehatan masyarakat dengan saling perduli dan melakukan check kesehatan secara rutin, " tandas Wan Siswandi.


Acara launching di tandai dengan pemotongan Pita oleh Bupati Natuna , kemudian dilanjutkan dengan Senam bersama dan pengundian doorprize. 







(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama