Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Berikut Himbauan Binda Kepri dan Nakes Batam


Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Berikut Himbauan Binda Kepri dan Nakes Batam

Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Berikut Himbauan Binda Kepri dan Nakes Batam
Suasana Kegiatan

BATAM I KEJORANEWS.COM: Hingga Kamis, (12/05/2022). Dinas Kesehatan Kepri mencatat vaksinasi booster telah mencapai 41,73 persen atau 573.173 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

"Hari ini Jumat, (13/05/2022). Gerai vaksinasi rutin dibuka di Puskesmas dan pusat perbelanjaan seperti Grand Mall Batam, Mall Botania 2 dan Mega Mall Batam," terang  Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R.C. Gumay.

Lanjuntnya, menerangkan bahwa kegiatan vaksinasi rutin dilakukan dengan melibatkan kerjasama berbagai instansi, termasuk Dinas Kesehatan Batam, dalam rangka mengejar target 50 persen sasaran segera mendapat vaksin booster.

"Tentunya apabila dalam waktu dekat mampu melebihi 50 persen itu lebih baik, tapi kita bersama Dinas Kesehatan berusaha agar paling tidak 50 persen sasaran telah tervaksin booster," terangnya.

Video Kegiatan:

Ia menambahkan, berdasarkan hasil sinkronisasi data Binda Kepri dengan Dinas Kesehatan Kepri, rata-rata terdapat 2.425 orang per hari yang mengikuti vaksinasi pada periode 8 – 12 Mei 2022 atau pasca libur Idul Fitri di wilayah Kepri.

Jumlah tersebut menurun, dibandingkan jumlah peserta yang mengikuti vaksinasi selama periode April 2022 atau sebelum Idul Fitri yang tercatat mencapai 4.694 orang per hari.

"Penurunan jumlah peserta vaksinasi pasca Idul Fitri wajar terjadi karena sebelumnya banyak masyarakat yang berlomba-lomba mendapat vaksin booster sebagai syarat melakukan perjalanan mudik," katanya.

Setelah mudik berakhir, lanjutnya menjadi PR bersama bagaimana cara mengajak masyarakat agar yang belum mendapat vaksin booster bisa segera mengikuti vaksinasi booster pada gerai yang disediakan pemerintah.

"Apabila pasca Idul Fitri, rata-rata jumlah peserta vaksinasi per hari di wilayah Kepri hanya 2.425 orang, maka diperlukan waktu kurang lebih 46 hari agar capaian vaksinasi Kepri bisa mencapai target 50 persen dari total jumlah sasaran yang ditetapkan," jelasnya.

Suasana Kegiatan
Oleh karena itu, lanjutnya lagi diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin booster yang diperlukan dalam rangka memperkuat kekebalan masyarakat dan meminimalisir resiko terhadap Covid-19.

Salah satu upaya yang terus digencarkan adalah melakukan sosialisasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batam, membuka gerai vaksinasi setiap hari.

"Saya menghimbau masyarakat untuk tidak ragu ikuti vaksinasi booster karena memberikan manfaat positif untuk memperkuat kekebalan tubuh kita, keluarga kita dan komunitas di sekitar kita," tutup Kabinda Kepri.

Berikutnya, salah satu Tenaga kesehatan ( Nakes), Yanti mengingatkan masyarakat yang telah mendapat dosis 1 dan 2 agar tidak lupa untuk mengikuti vaksinasi booster.

"Tidak henti-hentinya saya sebagai Nakes menghimbau warga Batam untuk melengkapi vaksin booster supaya kita terbebas dari Covid-19," tutupnya, di Mall Botania 2, Batam Kota, Batam - Kepri.

Editor:
Andi Pratama

Lebih baru Lebih lama