Selama Siaga Idul Fitri 2021, KPP Natuna Berhasil Selamatkan 3 Kapal Pompong dan Penumpangnya


Selama Siaga Idul Fitri 2021, KPP Natuna Berhasil Selamatkan 3 Kapal Pompong dan Penumpangnya

Mexianus Bekabel-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Kegiatan siaga bencana dalam pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah yang dilaksanakan oleh Kantor pencarian dan pertolongan (KPP) Natuna    sejak tanggal 6 hingga 24 Mei, Senin pagi ditutup oleh Kepala Kantor pencarian dan pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel.

Penutupan ditandai dengan apel bersama oleh seluruh jajaran KPP Natuna di Pantai Teluk Selahang, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Dalam kegiatan siaga Idul Fitri tahun 2021 ini KPP Natuna berhasil membantu penyelamatan 3 unit kapal laut jenis pompong yang mengalami mati mesin dalam perjalanan di perairan Natuna dan 1 unit kapal penangkap ikan yang terbakar diperairan Kecamaatn Pulau Laut.

“3 unit kapal berhasil kita bantu, dan kita evakuasi para penumpangnya, dan kapal ikan yang terbakar juga berhasil kita bantu evakuasi,” kata kepala kantor Pencarian dan pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel, Senin (24/5/2021).

Kegiatan siaga Basarnas pada Idul Fitri tahun 2021 sedikit lebih ringan dengan adanya larangan mudik dari pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid 19. Dengan demikian angka kecelakaan yang terjadi sangat sedikit.

Dalam siaga Idul Fitri, dilakukan dengan sistem mobile, dan tidak hanya siaga di pos pelabuhan penyeberangan, namun juga disetiap objek wisata yang ada, baik di Pulau Bunguran besar maupun di kabupaten Anambas yang msih berada di bawah tanggung jawab KPP Natuna.

Dengan kondisi cuaca yang berubah ubah, kegiatan siaga kecelakaan yang dilakukan kerap mendapat kedala, terutama saat upaya peyelamatan di Laut. Mexianus menambahkan, kadang jarak pandang cukup terganggu dengan adanya kabut atau juga penyelamatan terganggu dengan adanya gelombang laut yang mendadak meninggi.

“Kendala yang kami hadapi itu selalu ada, apabila aksesnya dilaut, itu kami selalu terkendala dengan jarak pandang, situasi gelombang dan angin yang tidak menentu diwilayah Natuna,’ imbuh Mexianus.

Upaya penyelamatan yang dilakukan oleh kantor Pencarian dan pertolongan SAR Natuna, juga dapat terlaksana berkat bantuan dari pemerintah daerah termasuk pihak kecamatan dan Desa, serta masyarakat.  Mexianus tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang selama ini telah mendukung kegiatan Kantor Pencarian dan pertolongan Natuna.


( Pjp)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama