{[["☆","★"]]}
KUNINGAN | KEJORANEWS.COM : Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan resmi dikukuhkan oleh Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M.Si, Kamis (05/03/2020) di Pendopo Kuningan. Dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan tersebut, Carlan, S.Pd., M.Pd terpilih memimpin Karang Taruna Kabupaten Kuningan untuk masa bakti 2020-2025.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kab.Kuningan, sejumlah Kepala SKPD, para Camat, Wakil Ketua TP PKK Kab.Kuningan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab.Kuningan, Ketua Karang Taruna Jawa Barat, dan pengurus Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

Usai dilantik, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan terpilih, Carlan, S.Pd., M.Pd, saat memberikan sambutan mengajak kepada seluruh pengurus yang baru, untuk berkomitmen menjadi teladan dan memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Kuningan. Karena pada hakekatnya, menurut Elon (red_sapaan akrab Carlan), karang taruna ada untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial.

"Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita samakan visi misi dan persepsi kita sebagai pengurus karang taruna. Tujuan akhir daripada kita adalah Rahmatan lil alamin, karang taruna bermanfaat bagi semua masyarakat. Mari kita membuat skala prioritas program, banyak hal yang perlu kita lakukan, tidak perlu terlalu muluk-muluk, mari kita tengok kebutuhan kita di antara kita sendiri, persoalan masalah sosial, persoalan ketenagakerjaan, persoalan ekonomi. Maka mari kita nanti memulai dengan pengembangan ekonomi kreatif padesaan, pengembangan upaya pembukaan kesempatan ketenagakerjaan, kesempatan pendidikan. Mari kita lakukan bersama-sama," ajaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Dr.H. R Subhan mengatakan, karang taruna merupakan garda terdepan dalam menyampikan berbagai program, baik program yang berkaitan dengan pemerintah pusat, provinsi, maupun program pemerintah daerah. Untuk itu karang taruna harus mampu mengimplementasikan setiap program ke tengah-tengah masyarakat.

"Saya ucapkan selamat berjuang, selamat menikmati perjuangan ini nggak ringan," tandasnya.

Sementara, Wakil Bupati Kuningan, H.M. Ridho Suganda, SH., M.Si, dalam sambutannya mengemukakan, karang taruna merupakan organisasi yang menjadi wadah generasi muda yang memilki tugas membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Selain itu, dikatakan Wabup, karang taruna juga mepunyai tugas menjaga pancasila sebagai ideologi Negara.

"Karang taruna harus selalu bersinergi dengan pemerintah, karang taruna tidak boleh bermusuhan dengan pemerintah. Karena karang taruna tidak akan bergerak tanpa ada support dari pemerintah," imbuhnya.

Meski bukan organisasi bisnis, namun menurut Wabup, bukan berarti karang taruna tidak boleh mencari keuntungan dalam bidang usaha. Justru, dikatakannya, karang taruna harus mampu membangun perekonomian dimana keuntungannya akan dikembalikan lagi untuk kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Wakil Bupati Kuningan mengemukakan, sebagai wadah pemuda, karang taruna diharapkan menjadi pembentuk karakter generasi muda dan memilki inovasi-inovasi dalam melaksanakan tugas, terutama tugas membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Selain itu Wabup berharap, karang taruna memilki kemandirian dan mampu menjaga kepercayaan dari mitra kerja.

"Saya ucapkan selamat kepada Ketua dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan yang baru dilantik. Selamat bertugas dan menjalankan amanah dengan baik," tutupnya.

(Iwan)
 
Top