Polres Lampung Utara Terjunkan 771 Personel Amankan Ribuan Perangkat Desa yang Gelar Aksi Damai


Polres Lampung Utara Terjunkan 771 Personel Amankan Ribuan Perangkat Desa yang Gelar Aksi Damai

Kapolres di Tengah-tengah Aksi Damai-
LAMPUNG UTARA I KEJORANEWS.COM : Menuntut pembayaran  insentif perangkat desa dari Alokasi Dana Desa ( ADD) yang selama 9 bulan belum dibayarkan pemerintah kabupaten Lampung Utara, ribuan perangkat desa dari 232 desa Lampung Utara menggelar aksi damai di Kantor Pemerinrah Daerah (Pemda) kabupaten Lampung Utara. Senin (2/12/19).

Mengamankan jalannya aksi damai 
perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kab. Lampung Utara ini, Polres Lampung Utara menerjunkan sebanyak 771 Personel gabungan untuk mengamankan aksi damai tersebut.

Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K. mengatakan pengamanan tersebut dilakukan untuk menunjukan kesiapan kehadiran polisi di tengah masyarakat, dan mencegah terjadinya pertikaian dan mencegah terjadinya pelanggaran HAM dan untuk memberikan pengayoman terhadap pengunjuk rasa.

"Ada 771 personel gabungan yang kita terjunkan, terdiri dari Polres Lampung Utara 221 personil, Polres rayonisasi 100 personel dan Brimob 450 peronel, " ujar  AKBP Budiman saat memimpin apel persiapan pengamanana aksi.

Dalam arahannya Kapolres AKBP Budiman berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan aksi tersebut agar tidak melakukan tindakan di luar perintah dari Perwira Pengendali (PADAL) yang sudah ditunjuk.

Kemudian Kapolres melarang personel pengamanan aksi menujukkan sikap arogan, tidak terpancing emosi, tidak membawa peralatan di luar peralatan Dalmas, tidak membawa Senjata Apai ( Senpi) dan mundur membelakangi massa serta tidak melakukan kekerasan fisik atapun seksual.

Lanjut Kapolres , aksi yang dimulai Pukul 08.00 Wib s/d 10.30 Wib di halaman Pemda kabupaten Lampung  Utara tersebut berjalan aman dan kondusif.

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada peserta aksi yang bisa menjaga ketertiban sehingga kegiatan tersebut berjalan aman dan kodusif dan terima kasih juga kepada personel yang terlibat dalam pengamanan aksi tersebut," kata Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K.

Sebelumnya, saat akan melakukan pengamanan Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K. memimpin Apel dan Tactical Wall Game (TWG) dalam rangka kesiapan pengamanan aksi damai APDESI Kabupaten Lampung Utara.

(Edian)
Lebih baru Lebih lama