{[["☆","★"]]}
Penumpang Turun dari KM. Kelud
BATAM I KEJORANEWS.COM : Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Pengelola Pelabuhan Batam selaku pengelola Pelabuhan Batu Ampar mengerahkan personel pengamanan tambahan. Selasa, (24/12/2019)

Guna menjamin keamanan dan kenyamanan calon penumpang kapal Pelni yang akan mudik ke kampung halamannya menjelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, di Pelabuhan Batu Ampar - Batam.

Direktur Badan Pengelola Pelabuhan Batam, Nasrul Amri Latif mengatakan setiap hari raya seperti Idul Fitri ataupun Natal dan Tahun Baru memang selalu ada penambahan personel pengamanan dan penyiapan fasilitas pelabuhan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi calon penumpang.

"Selain itu, kami juga melibatkan personel dari multi sektoral. Jumlah armada bus juga kami koordinasikan agar mencukupi jumlah penumpang. Jumlah personel pengamanan yang disiagakan Badan Pengelola Pelabuhan Batam pada momen Natal dan Tahun Baru 2020 ini mencapai 40 orang," ungkapnya.

Arus Mudik Nataru 2019 di Pelabuhan Batu Ampar - Batam
Penambahan personel tersebut, ia melanjutkan mengalami peningkatan 40 persen dari jumlah yang biasa dikerahkan saat jadwal kedatangan dan keberangkatan Kapal Pelni. Tambahan personel ini disiagakan sejak H-7 Natal yakni 19 Desember 2019 hingga H+7 Tahun Baru yakni 8 Januari 2020.

"Arus puncak mudik Nataru 2020 terjadi pada hari Senin (23/12) dan arus balik terjadi pada hari Minggu (5/1). Fokus kami saat ini memang Pelni karena kepadatan calon penumpang tahun 2019 meningkat tajam dari tahun-tahun sebelumnya. Ada juga pengamanan dari instansi lainnya seperti Lanal, maupun Kepolisian," terangnya.

Lanjut, Nasrul Amri Latif mengatakan tetapi sebagai pengelola pelabuhan, BP Batam bertanggung jawab penuh untuk pengamanan Pelabuhan Batu Ampar. Sementara itu, untuk pengamanan kawasan pelabuhan BP Batam lainnya seperti Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur tetap berjalan normal tanpa tambahan personel.

Selain itu, BP Batam siap mengerahkan anggota pengamanan tambahan jika kepadatan penumpang di pelabuhan lainnya melonjak tajam. Dan Badan Pengelola Pelabuhan Batam juga mengimbau kepada calon penumpang kapal untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap prima, mengingat cuaca yang sedang kurang bersahabat dalam beberapa pekan terakhir.

"Bagi calon penumpang dapat datang lebih awal sebelum jadwal keberangkatan dan membawa barang seperlunya agar nyaman saat melakukan perjalanan. Saya mewakili seluruh jajaran BP Batam mengucapkan, selamat merayakan Hari Natal bagi Anda yang merayakan, dan semoga Tahun Baru ini memberi harapan baru untuk kita semua agar lebih sukses dan maju,” tutupnya.



Humas/Andi
 
Top