LKKPN : Taman Wisata Laut Anambas Seluas 1,2 Juta Hektar Lebih


LKKPN : Taman Wisata Laut Anambas Seluas 1,2 Juta Hektar Lebih

Sosialisasi Regulasi- 
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Kementerian  Kelautan dan Perikanan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru mengadakan sosialisasi regulasi Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan di TWP Kepulauan Anambas.

Di kegiatan yang diadakan di Aula Hotel Anambas Inn jalan Takari Desa Tarempa Barat. Kamis (11/04/2019) LKKPN menyampaikan materi tentang regulasi dan kebijakan tentang pemanfaatan kawasan konservasi perairan untuk wisata alam perairan dan Mekanisme penerbitan tanda masuk kawasan untuk tujuan wisata.


Kepala LKKPN Pekanbaru Yogi Anuar yang membuka acara dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas dan laut sekitar kawasan seluas 1.262.686.2 Hektar.

Menurutnya, secara ekonomi zonasi dapat berpotensi mendatangkan keuntungan bagi masyarakat lokal.

" Zona konservasi ini terdiri dari : Zona Inti sebesar 40.338,58 Hektar atau 240% luas total kawasan, tersebar di 26 lokasi, Zona Pemanfaatan sebesar 9.387,77 Hektar di 27 lokasi di kawasan, Zona Perikanan Berkelanjutan seluas 1.222.498.99 Hektar, merupakan seluruh area dalam kawasan yang tidak masuk ke zona inti, pemanfaatan dan lainnya, dan yang terakhir Zona Lainnya sebesar 470.85 Hektar tersebar di 4 lokasi, merupakan area rehabilitasi dan perlindungan habitat, " ujarnya.

Ditambahkannya bahwa, Kepulauan Anambas merupakan surga tersembunyi, miniatur etalase kekayaan hayati laut indonesia yang tak ternilai harganya. Hampir sepertiga wilayah perairan Kepulauan Anambas telah di tetapkan sebagai kawasan konservasi perairan Nasional.

Kegiatan dihadiri Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KKA, Dinas Perikanan, Pertanian, dan Pangan KKA, Satuan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Anambas, Custom Quarantine Immigration Port Tarempa, Gusdi Letung, Anambas Dive Resoit, Piugus Resort, Information Center Yacht, Kusuma Resort, PT. Pulau Bawah, Anambas Tour, Tujuh Bersaudara Pesona Anambas, Pavona Dive dan Napoleon Anambas Dive Center (NADC)

Lionardo
Lebih baru Lebih lama