{[["☆","★"]]}
Petugas Membersihkan Limbah Minyak di Pantai Nongsa - Batam
BATAM I KEJORANEWS.COM : Tumpahan limbah minyak mencemari lingkungan di sepanjang pantai Nongsa, Batam - Provinsi Kepuluan Riau. Jum'at, (12/04/2019)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Herman Rozie manuturkan tumpahan minyak di pantai Nongsa ini diketahui pada hari Selasa (9/4) sekitar pukul 15.45 WIB.

"Setelah mendapat informasi, tim yang dipimpin Kepala Bidang Perlindungan Lingkungan Hidup turun kelokasi untuk mengambil sampel dan membantu membersihkan pantai yg tercemar di Nongsa Village, Turi Beach dan Sanggraloka Nongsa," jelasnya.

Ia malanjutkan, Tim juga dibantu 20 orang tenaga Satgas Bidang Pengelolaan Persampahan (P2) bagian drainase.

"Terkumpul contaminated sludge oil sebanyak 140 karung di Nongsa Village dan 45 karung mini bag di Turi Beach." katanya.

Selain itu, Ia mengatakan dengan tidak tersedianya anggaran di Dinas Lingkungan Hidup, dalam menangani permasalahan pencemaran limbah minyak di perairan Kota Batam.

"Untuk itu kita juga meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi Kepri yang memiliki kewenangan wilayah laut. Melalui laporan tertulis kepada Gubernur Kepulauan Riau, BLHK Kepri untuk ditindaklanjuti sesuai kewenangan," ungkapnya.

Menurutnya kejadian tersebut merupakan musibah musiman/tahunan bagi Kota Batam. Berbagai upaya sudah dilakukan di tingkat pusat dalam koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

“Terakhir kita rapat dengan instansi terkait di Kemenko Maritim untuk membuat berbagai standard operational procedure (SOP), penanggulangan maupun pencegahan, termasuk upaya tangkap tangan kapal-kapal yang diduga membuang limbah ke laut,” pungkasnya.






humas/atm
 
Top