Di Harlah Pancasila ke 78, Wan Zuhendra Bacakan Amanat Presiden Jokowi


Di Harlah Pancasila ke 78, Wan Zuhendra Bacakan Amanat Presiden Jokowi

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas laksanakan upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila ke-78 tahun 2023 di halaman Kantor Bupati, Pasir Peti, Tarempa. Kamis (01/06/2023).


Pada upacara ini, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra yang menjadi pembina upacara, membacakan amanat dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).


"Saudara - saudara sebangsa dan setanah air, Pancasila sebagai nilai - nilai yang dikandungnya merupakan falsapah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara. Negara merupakan meja statis yang menyatukan barbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bintang panutan (leitstar) dinamis yang memadu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita - cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ucap wanzuhendra dalam membacakan amanat presiden.


" Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan. Dan Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural. Keberadaan Pancasila, merupakan anugrah dari Tuhan yang maha esa untuk bangsa indonesia. Pengamalan nilai - nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik," lanjutnya.


Wan  Zuhendra juga menyampaikan bahwa tahun 2024 ada pesta demokrasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Untuk itu ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama - sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. 


" Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai - nilai Pancasila. " pintanya.


Terakhir dalam pidato Wan Zuhendra menyampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20%. 


" Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka Stuting di Indonesia. Hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasi nilain - nilai luhur Pancasila. Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong. Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia, tanpa kehilangan jati dirinya Pancasila," Ujarnya mengakhiri pidato.


Turut serta dalam upacara, Sekda Anambas, DPRD, OPD, Forkopimda, Lam, MUI, PNS, PTT, dan seluruh tamu undangan.

Yuni S

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama