Terkait Kekeringan Lahan Persawahan, Bupati Malaka Simon Nahak Dikritisi Warganya


Terkait Kekeringan Lahan Persawahan, Bupati Malaka Simon Nahak Dikritisi Warganya

Saluran Irigasi yang Kering-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Bupati Malaka bersama rombongannya melakukan pemantauan lokasi pembuangan limbah tinja ayam potong milik Yanuarius Bria Seran yang beralamat di desa Lakekun, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka yang diduga dapat menyebabkan pencemaran air irigasi Bak Wesalin, Senin (27/3/2023).


Peternakan ayam potong tersebut berlokasi tidak jauh dari Bak Wesalin. Air yang berada di Bak Wesalin itu digunakan masyarakat petani sawah untuk mengairi sawah, namun saat ini debet airnya tidak mencukupi. 


Terkait hal itu, Paulus petani persawahan warga Lakekun mengkritisi kunjungan bupati Malaka tersebut ke lokasi pembuangan limbah tinja tersebut. 


" Pasca situasi yang sangat krisis air di alami petani sawah desa Lakekun, hingga mengakibatkan banyak masyarakat yang lahannya belum bisah dilakukan penanaman padi. Bupati Malaka malah mengarah ke Limba pembuangan tinja ayam potong milik Yanuarius Bria Seran. Bukannya mencari solusi untuk selamatkan para petani yang sedang menangis akan kekeringan lahan akibat kekurangan air, malah membias ke yang lain yang sebenarnya tidak terlalu urgen, " ujar Paulus.


" Seharusnya bupati fokus pada satu persoalan kekeringan lahan yang mengancam gagal panen,  baru urus yang lain. Masyarakat sekarang itu sekarang membutuhkan  air untuk sawah, karena ini untuk kehidupan keluarga, jika kami gagal panen siapa yang mau kasih makan kami. Jadi tolong Bapak Bupati cari solusi untuk bagaimana kami tidak kesusahan air. Pantau terus dinas terkait, agar kami tidak kekurangan air  hingga kami panen. Bukan mengatasi masalah lain, " ungkap Paulus dengan nada kesal.


(Jolly)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama