Jika Kapal Roro Dilakukan Perawatan, Pihak Pengelola Diminta Menyediakan Kapal Pengganti


Jika Kapal Roro Dilakukan Perawatan, Pihak Pengelola Diminta Menyediakan Kapal Pengganti

Arman Arsyad, Ketua Kosgoro Kabupaten Lingga-
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Pihak pengelola  Kapal Roll On Roll Off (Roro) KM Senangin diharapkan dapat menyediakan kapal Roro Pengganti saat Kapal Roro yang melayari rute Batam-Dabo- Kuala Tungkal itu akan melakukan pemeliharaan rutin (Docking).


Harapan itu disampaikan oleh Arman Arsyad Ketua Kosgoro Kabupaten Lingga, kepada awak media pada Jumat siang (3/3/2023).


“Informasi yang saya dapatkan, dijadwalkan tanggal 20 Maret 2023 mendatang Kapal Roro tersebut akan melakukan Docking lebih kurang 30 hari atau lebih, dalam rangka jadwal rutin pemeliharaan dan peerawatan. Namun kami sebagai masyarakat belum mendapat informasi terkait adanya kapal roro penggantinya. Jika tidak ada kapal pengganti maka secara langsung pelayanan kapal Roro akan berhenti. Hal ini sangat mengganggu perekonomian masyarakat, apalagi waktunya bertepatan dengan Bulan Puasa yang sudah di ambang pintu dan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kami masyarakat berharap agar ada kapal pengganti selama kapal Roro dilakukan perawatan. Hal ini guna menekan angka inflasi.” kata Arman Arsyad.


Lanjutnya menjelaskan, moda transportasi kapal Roro saat ini menjadi kebutuhan transportasi vital bagi masyarakat di Kabupaten Lingga yang merupakan daerah kepulauan.


" Hampir 80 persen kebutuhan pokok masyarakat didatangkan dari luar daerah, seperti dari Jambi,  Batam dan Tanjung Pinang. kapal Roro tidak hanya untuk memudahkan alur transportasi kebutuhan pokok, namun kapal Roro juga sangat dibutuhkan sebagai jasa angkutan umum masyarakat dengan biaya yang terjangkau. Kalau tidak ada kapal pengganti maka secara langsung akan mengganggu aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat, " jelas Arman


Menurut Arman, kondisi perekonomian masyarakat Kabupaten Lingga saat ini tengah terpuruk, apalagi jika ditambah dengan terhentinya moda transportasi laut kapal Roro tersebut.


" Untuk itu kami masyarakat meminta agar  pemerintah daerah baik dari Pemprov Kepri maupun Kabupaten Lingga untuk membuat kebijakan agar transportasi kapal Roro tidak terhenti. Kami  masyarakat sangat khawatir akan kemungkinan melonjaknya harga kebutuhan masyarakat saat bulan ramadan dan menjelang hari raya nanti, apalagi jika terjadi kemacetan transportasi laut Roro tersebut, "  ucapnnya.


Sementara, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Raja Firdiansyah, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan surat resmi akan Docking kapal Roro. 


“Sampai saat ini, kami Dishub Lingga belum mendapatkan surat dari ASDP. Atas informasi ini, kami akan langsung berkoordinasi untuk membahas solusi kalau Docking dilakukan. Pastinya kami akan menyurati Kementerian Perhubungan untuk meminta pengganti kapal. Namun terkait direalisasikan apa tidak, sepenuhnya wewenang dari kementerian. Pastinya kami akan berupaya melakukan yang terbaik buat masyarakat,” kata Raja Firdiansyah.


( Mardian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama