Diduga Gunakan Alat Tangkap Ikan Modifikasi, Kapal Motor AIWA 1 Diamankan Warga Desa Bayat


Diduga Gunakan Alat Tangkap Ikan Modifikasi, Kapal Motor AIWA 1 Diamankan Warga Desa Bayat

Warga Desa bersama Pihak Terkait saat lakukan Mediasi-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Tak terima aktifitas sebuah kapal motor KM. AIWA 1 yang diduga menggunakan alat jaring modifikasi dan kompresor untuk menangkap ikan di wilayah Desa Bayat, Nelayan Desa Bayat, Kecamatan Siantan Utara, Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan pengamanan alias penangkapan terhadap kapal tersebut.Rabu, (18/01/2023).


Terkait penangkapan itu, Ketua Nelayan Desa Bayat, Azhari mengatakan, bahwa penangkapan kapal tersebut dilakukan karena kapal itu sudah 2 kali beroperasi di dekat perairan desanya.


"Pada hari pertama mereka beraktivitas beroperasi di sekitar lokasi Pulau Piontoi dan Pulau Wait. Dan hari ini saya kembali mendapat laporan dari rekan nelayan bahwasanya mereka berada di sekitar Pulau Rengek sehingga kita langsung melakukan penertiban terhadap nelayan yang menangkap ikan menggunakan jaring modifikasi dan alat kompresor itu,"ucapnya.


" Kami minta para pelaku untuk membuat surat pernyataan di atas materai dan berjanji tidak akan menangkap ikan menggunakan jaring jenis apapun di wilayah perairan laut Desa Bayat Kecamatan Siantan Utara Kabupaten Kepulauan Anambas", Terangnya.


Hal senada diungkapkan oleh Kepala Desa Bayat, Yusnardi.


" Berdasarkan atas laporan dari ketua nelayan terkait penangkapan itu, kami dari pihak desa langsung berkoordinasi ke pihak kecamatan, Babinsa, dan ke kepolisian wilayah setempat, untuk turun ke lapangan bersama dalam upaya musyawarah mufakat dan penyelesaian secara damai. " UcapYusnardi.


Yusnardi berharap, dengan kejadian persoalan pelanggaran yang kedua kali ini, pihak kapal tidak melakukannya lagi.


" Kami harap mereka tidak mengulangi lagi, apabila terulang lagi untuk yang ketiga kalinya, maka warga Desa Bayat akan menempuh jalur hukum sesuai aturan perundang- undanganyang berlaku, " tegasnya.


Berdasarkan informasi, Kapal Motor KM. AIWA 1, berisi 9 orang pelaku.

( Yuni S)

Lebih baru Lebih lama