Ketua TP-PKK Kepri Beri Bantuan Ke Masyarakat Nelayan dan Pelaku Usaha di Bintan


Ketua TP-PKK Kepri Beri Bantuan Ke Masyarakat Nelayan dan Pelaku Usaha di Bintan

Ketua TP-PKK Kepri Beri Bantuan Ke Masyarakat Nelayan dan Pelaku Usaha di Bintan
Ketua TP-PKK Kepri dan Warga Nelayan

KEPRI I KEJORANEWS.COM : Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj.Dewi Kumalasari Ansar menyerahkan bantuan secara langsung kepada masyarakat guna meringankan kebutuhan rumah tangga dan meningkatkan ekonomi, serta kesejahteraan keluarga.

Pada penyerahan yang dierima langsung oleh 4 Kelompok masyarakat dan 30 orang Kepala Keluarga di Kampung Panglong, Desa Berakit, Bintan - Kepri, (6/12). Jumlah bantuan yang diberikan, diantaranya 4 Kit Hidroponik dengan sistem Nutrient Film Technique (NFT) untuk 4 Kelompok Masyarakat, dan 30 Alat Tangkap Nelayan (Bubu Ketam) untuk 30 Kepala Keluarga, serta 3 buah Kapal Nelayan untuk masyarakat Kampung Panglong.

NFT atau Nutrient Film Technique merupakan suatu teknologi hidroponik dengan dengan meletakkan akar tanaman pada lapisan campuran air dan nutrisi dangkal yang disirkulasikan secara terus menerus melalui mesin pompa hidroponik.

"Kita berharap, dengan adanya hidroponik ini dapat memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat Kampung Panglong. Sistem hidroponik menjadi awal pengenalan sistem pertanian modern, meminimalisir penggunaan lahan secara berlebih. Selain itu, banyak tanaman yang bisa di tanam seperti sawi, kangkung, seledri, dan masih banyak lagi, yang nantinya dapat meringankan kebutuhan rumah tangga Bapak/Ibu sekalian," terangnya.

Dengan adanya penyerahan bantuan 30 unit Bubu Ketam dan 3 unit Kapal Nelayan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, diharapkan mata pencaharian masyarakat dapat terbantu dengan fasilitas alat tangkap tersebut. "Semoga apa yang telah Bapak Ibu terima, benar-benar dapat dimanfaatkan secara baik, sehingga hasil dari melaut dapat meringankan kebutuhan rumah tangga," katanya.

Ketua TP-PKK Kepri Beri Bantuan Ke Masyarakat Nelayan dan Pelaku Usaha di Bintan
Ketua TP-PKK Kepri bersama Pelaku Usaha
Berikutnya, sebanyak 20 pemilik usaha yang produktif mendapatkan bantuan berupa peralatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), dalam bentuk Gerobak Dagang di Hello Bintan Resort Kawal. 

Lanjut, Ketua TP-PKK Kepri menyampaikan bahwa dengan bantuan peralatan ini dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga. Apalagi ujarnya, bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhan penerima. 

"Saya berharap bantuan yang diberikan ini memberi manfaat pada keluarga sih penerima. Untuk itu saya meminta pada Dinas Sosial Kepri untuk memberikan pembinaan secara kontinu guna membuat penerimaan bantuan tersebut lebih gampang memanfaatkanya,"terangnya.

Terakhir, Hj.Dewi Kumalasari Ansar menyatakan bahwa penyerahan bantuan tidak hanya berakhir sampai di sini. Dia meminta Dinas Sosial Kepri untuk selalu memberikan pendampingan pada penerima bantuan.

"Agar usaha mereka berjalan secara maksimal, Dinas Sosial Kepri harus memberikan pelatihan secara berkala dan berkelanjutan. Jadi para penerima jangan dilepas begitu saja, demi mencapai tujuan Pemprov Kepri dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.



Pemprov Kepri
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama