Batam Makin Memesona, Kunjungan Wisman Naik 49 Ribu Persen


Batam Makin Memesona, Kunjungan Wisman Naik 49 Ribu Persen

Rudi bersama Sandiaga Uno, Kemenparekraf-
BATAM I KEJORANEWS.COM : Jumlah Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam meroket. Pada Oktober 2022, jumlah kunjungan naik 49.406 persen.


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mendata, jumlah wisman yang berkunjung ke Kota Batam selama bulan Oktober 2022 tercatat sebanyak 78.220 kunjungan.


"Jika dibandingkan dengan Oktober 2021, kunjungan wisman Oktober 2022 mengalami kenaikan yaitu sebesar 49.406,33 persen" kata Kepala BPS Batam, Rahmad Iswanto, Jumat (2/12/2022).


Adapun, wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada bulan Januari-Oktober 2022 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura mencapai 58,46 persen dari total jumlah wisman selama Januari sampai dengan Oktober 2022.


Sementara, tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Oktober 2022 rata-rata 48,60 persen atau naik 5,99 persen poin dibanding TPK September 2022 yang tercatat sebesar 42,61 persen.


"Rata-rata lama menginap tamu asing dan tamu Indonesia pada hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Oktober 2022 tercatat sebesar 1,97 hari atau naik 0,32 poin dibanding dengan rata-rata lama menginap tamu pada bulan September 2022," katanya.


Kenaikan jumlah kunjungan wisman selama bulan Oktober 2022 ke Kota Batam terjadi di pintu masuk yang ada di Kota Batam yaitu Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbourbay, Pelabuhan Belakang Padang dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim sebagai akibat sudah membaiknya penanganan pandemi Covid-19 di Batam dan tidak diberlakukan lagi tes Antigen, PCR dan karantina.


Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, terus mengembangkan pariwisata Batam. Ia menyampaikan, sejumlah aksesibilitas di Batam sudah dibenahi untuk mempercantik Kota Batam.


"Kami ingin Batam makin mempesona sehingga menjadi daya tarik sendiri agar wisatawan betah berkunjung ke Batam," katanya.


Ia mengaku, sektor pariwisata menjadi sektor unggulan untuk membangkitkan ekonomi. Bahkan, kata dia, di sektor ini pihaknya terus membangun infrastruktur pendukung.


"Bandara sedang dikembangkan untuk menampung lebih banyak penumpang. Ini bagian dari dukungan pemerintah di sektor pariwisata," ujarnya.


Tak hanya itu, infrastruktur lain juga sedang dibangun untuk menjadikan Batam lebih indah. "Batam menjadi kota baru dengan sejumlah pembangunan yang kami kerjakan," ujarnya.

Rudi bersama Sandiaga Uno, Kemenparekraf

Kominfo Batam

Lebih baru Lebih lama