Sebanyak 21 Putra -putri dari Kelurahan dan Desa di Natuna Dikukuhkan sebagai Duta Generasi Berencana


Sebanyak 21 Putra -putri dari Kelurahan dan Desa di Natuna Dikukuhkan sebagai Duta Generasi Berencana

21 Putra -putri dari Kelurahan dan Desa bersama Bupati-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Sebanyak 21 pasang remaja putra -putri dari Kelurahan dan Desa di Kabupaten Natuna, Jum'at (18/11/2022) pagi di kukuhkan sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Desa/Kelurahan. Pengukuhan dilaksanakan langsung   Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI Novian Andusti.


Pengukuhan  duta genre Desa/Kelurahan Kabupaten Natuna ditandai dengan pembacaan ikrar yang dipandu langsung oleh deputi bidang KSPK BKKBN Republik Indonesia  Nopian Andusti . Usai pengukuhan dilakukan penandatanganan Surat Pengukuhan Duta  diwakili oleh Duta GenRe Kelurahan Batu Hitam. 


Nopian Andusti dalam sambutannya  menyampaikan, remaja Indonesia ini merupakan generasi EMAS ditahun 2025. Remaja saat ini juga merupakan calon orangtua, yang wajib dikawal dengan optimal demi menciptakan generasi berikutnya yang lebih baik yang tidak stunting, karena untuk mewujudkan generasi tumbuh adalah dengan keluarga yang terbebas dari stunting. Karena hal-hal inilah Duta GenRe Desa/Kelurahan perlu dibentuk. 


"Program ini juga sejalan dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, tentang

 Percepatan Penurunan Stunting

Pasal 6 ayat C, dimana Desa harus mengalokasikan anggarannya demi penurunan angka stunting," kata Nopian.


Saat ini Kepulauan Riau telah mencapai angka stunting 17.6%, capaian yang cukup baik. Sementara kabupsten Natuna terendah angka stuntingnya dibandingkan kabupaten/ kota lainnya dikepri.


Nopian menambahkan,  pemicu stunting diantaranya   masalah pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan. Dan peran yang paling mendasar untuk menangani dan mencegah masalah ini adalah peran kepala desa karena sesungguhnya masalah stunting dimulai dari pribadi hingga menjadi masalah pada skala nasional. Peran pemerintah disini adalah untuk melakukan penanganan dan pencegahan sesuai dengan tupoksinya. Pengukuhan ditutup dengan sesi foto bersama dan penyelempangan oleh Bupati Natuna dan Bunda GenRe Septi Dwiani.



deputi bidang KSPK BKKBN Republik Indonesia  Nopian Andusti-

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama