Rembuk dan Pelatihan Relawan SAPA Desa Mekarjaya


Rembuk dan Pelatihan Relawan SAPA Desa Mekarjaya

Ketika acara PPPA Lampung di Desa Mekar Jaya

MESUJI I KEJORANEWS.COM: Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(PPPA) Lampung mengadakan rembuk Desa atau Kelurahan dan pelatihan relawan Sahabat Perempuan dan Anak(SAPA) Provinsi Lampung Tahun 2022.


Kegiatan itu berlangsung di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji. Sedangkan pada acara tersebut dihadiri Kepala Dinas(Kadis) PPPA Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga Renny Maisary, S.E.,MM, Kadis PPPA Kabupaten Mesuji Sripuji H S, Sos, M.Si., SekcamTanjung Raya, Kabid PUG dan Pemberdayaan Perempuan Mesuji Ade Erlina Indah, S.T., Kabid Perlindungan Anak dan Perempuan Mesuji Ida Royani, S.E., Kades Mekar Jaya Sarno.


Sedangkan untuk peserta yang mengikuti yaitu, Ketua TP PKK Kecamatan Tanjung Raya, Ketua TP PKK Desa Mekar Jaya, Ketua BPD Desa Mekar Jaya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Babinsa, Babinkamtibmas, Aparatur Desa, Ketua PUSPAGA dan Relawan SAPA.


Relawan SAPA dibentuk untuk membantu Desa dalam mengimplementasikan Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang digagas oleh Kementrian Perempuan dan Peduli Anak Republik Indonesia, terang Kadis PPPA Kabupaten Mesuji Sripuji H S, Selasa(29/11/2022).


Lanjutnya, adapun upaya yang sudah dilakukan oleh PPPA Lampung melalui Dinas PPPA Kabupaten Mesuji untuk menjalankan amanat dari Peraturan Pemerintah tersebut yaitu, mengedukasi masyarakat tentang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat(PATBM) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Mesuji Nomor 61 tahun 2019 tentang PATBM, jelasnya.


Sebab, PATBM serta relawan SAPA pun sebagai ujung tombak dalam melakukan upaya pencegahan, dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku untuk memberikan perlindungan kepada anak.


Selain itu, Forum Anak Daerah yang berperan sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) juga dapat dilibatkan dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak, ucap Sripuji.


(Ys)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama