Dalam Setahun Tiga Desa Kecamatan RJU Dilanda Banjir, Begini Harapan Kades dan Camat


Dalam Setahun Tiga Desa Kecamatan RJU Dilanda Banjir, Begini Harapan Kades dan Camat

Ketika Camat Samijo serahkan Bantuan Logistik dari Pemerintahan ke Kades Benuang Ali Topa secara simbolis

MESUJI I KEJORANEWS.COM: Dinas Sosial(Dinsos) Kabupaten Mesuji Lampung berikan bantuan Logistik sebanyak 52 Rumah warga yang terdampak banjir di Desa Sidangmuara Jaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara(RJU).


Sedangkan bantuan diserahkan secara simbolis dari Dinsos kepada Camat, lalu diserahkan ke Kades. Ketika penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis yang disaksikan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP bahkan aparatur Desa.


Bantuan didapat warga yang terkena bencana banjir di Desa tersebut berupa kasur, matras, makanan siap saji, air mineral dan peralatan dapur serta perlengkapan bayi.


Kades Benuang Ali Topa menjelaskan, bantuan itu dari Dinsos Pemerintahan Kabupaten(Pemkab) Mesuji atas arahan Penjabat(Pj) Bupati Drs. Sulpakar yang disampaikan dengan Kepala Bidang(Kabid) perlindungan dan jaminan sosial Iswantoro, terangnya.


"Saya atas nama Penerintahan Desa serta warga Sidangmuara Jaya, banyak mengucapkan terimakasih Kepada Pemkab Mesuji khususnya Pj Bupati Mesuji Sulpakar atas bantuan logistik berupa bafer stock yang di peruntukan kepada Warga kami yang dapat musibah bencana alam berupa banjir. Bantuan yang diberikan ini benar benar sangat bermanfaat bagi warga kami," ucap Kades, Selasa(29/11/2022).


Desa ini memang selalu menjadi langganan banjir apalagi saat curah hujan cukup tinggi, pastilah ari meluap sampai ke dalam rumah dengan ketinggian 30 hingga 60 Cm, ungkap Ali Topa.


Lanjutnya, apalagi kondisi tanggul sungai di Desa ini juga jebol, atas hal itu pasti air sungai cepat sekali meluap penuhi pemukiman warga. "Kami mengharapkan kepada pemerintah segera menyelesaikan permasalahan banjir," pintanya.



Kalau banjir, akses jalan utama penghubung Desa Sidangsido Rahayu dengan Sidangmuara Jaya, sepanjang 300 Meter putus total dan kalau sudah begitu jelas perekonomian warga lemah bahkan akses pelayanan terganggu serta para perlajar juga kesulitan bila hendak berangkat ke Sekolah.


"Saya berharapkan kepada pihak terkait agar segera memperbaiki akses jalan utama kami, suoaya perekononian warga Sidangmuara Jaya dapat kembali pulih dan aktifitas masyarakat dapat kembali lancar," pintanya.


Camat RJU Samijo, meminta kepada balai besar Provinsi Lampung agar segera menyelesaikan permasalahan kami tentang banjir yang kerap sekali melanda tiga Desa. Tiga Desa tersebut yaitu Desa Sidangmuara Jaya, Sidangsido Rahayu dan Desa Sidangiso Mukti, harapnya.


Kabid perlindungan dan jaminan sosial Iswantoro memaparkan, bantuan logistik yang diberikan kepada warga korban pasca banjir tersebut dari Kementerian Sosial untuk Desa Sidangmuara Jaya dan bantuan itu sudah dua kali diberikan dalam setahun ini. Bermula pada awal tahun 2022 dan kini akhir tahun 2022, kata  Iswantoro ketika dikonfirmasi.

Kabid Iswantoro ketika serahkan bantuan ke Kades Benuang Ali Topa

Ketika Kades Benuang Ali Topa serahkan bantuan pada warga


(Ys)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama