Dua Tahun Berjalan, Taman Geosite Nasional Natuna Belum Diakui Unesco


Dua Tahun Berjalan, Taman Geosite Nasional Natuna Belum Diakui Unesco

Kadis Pariwisata Natuna, Hardinansyah-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Upaya pemerintah kabupaten Natuna untuk menjadikan Taman Geosite Nasional di Natuna dapat diakui secara internasional atau Unesco Global Geopark (UGGp) telah dilakukan 2 tahun berjalan. Namun hingga saat ini upaya tersebut belum membuahkan hasil.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Hardinansyah saat rapat pembentukan panitia Festival Pelajar Nusantara di Gedung Aula SMA Negeri 1 Bunguran Timur tidak mengatakan, secar jelas mengenai penyebab belum disetujuinya Geopark Natuna menjadi bagian dari Geopark dunia.


"Sejak November 2018 lalu Natuna sudah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional. Dan sudah 2 tahun berturut - turut kita mengajukan agar Geopark nasional kita diakui di Unesco Global Geopark, tapi karena satu dan lain hal, hingga kini belum terealisasi," ujar Hardinansyah, Senin (01/08/2022).


Namun pada rapat tim Geopark Natuna pertengahan Mei 2022 lalu, dibahas mengenai perkembangan dan kendala penyebab  sehingga Natuna  tidak dapat  mendaftar  ke UGGp pada tahun 2019 dan 2020.  Dari pembahsan itu terungkap ada beberapa syarat yang belum dipenuhi untuk pengajuan ke UGGp pada bulan Juli, karena pengelola Geosite saat ini belum maksimal mengelola taman tersebut, yakni pihak pengelola belum melengkapi fasilitas pendukung seperti  Gazebo, musala,  dan MCK.

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama