Menpora RI Buka Fornas VI di Sumsel, Diikuti 9000 Pegiat Olah Raga


Menpora RI Buka Fornas VI di Sumsel, Diikuti 9000 Pegiat Olah Raga

Menpora RI Buka Fornas VI di Sumsel, Diikuti 9000 Pegiat Olah Raga
Suasana Kegiatan

NASIONAL I KEJORANEWS.COM: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali sampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo pada pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI  di Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2022.

Sebelumnya, Presiden akan hadir langsung pada pembukaan Fornas VI, karena ada kegiatan tugas kenegaraan di luar negeri maka Presiden mewakilkan kepada Menpora.

"Saya ingin menyampaikan salam hangat Bapak Presiden Joko Widodo, kepada seluruh peserta Fornas VI Sumsel 2022 terkhusus kepada Gubernur dan masyarakat Sumsel," katanya saat membuka secara resmi Fornas VI Sumsel 2022 mewakili Presiden Joko Widodo di Venue Dayung, Jakabaring Sport City (JSC), Jumat malam, (1/7).

Menpora RI
Lanjutnya, olah raga masyarakat yang mungkin saja belum terlalu populer dibandingkan dengn olah raga prestasi padahal sejatinya, UU No.11 tentang Keolahragaan ada tiga kelompok olah raga, yakni olah raga pendidikan, olah raga prestasi dan Olah raga masyarakat.

"Dalam UU Nomor 11/2022 tentang Keolahragaan dan Perpres No. 86/2021 tentang DBON, olah raga masyarakat sangat memegang peran penting karena tidak mungkin kita bisa mendapatkan prestasi yang baik yang gemilang, kalau hulunya yakni olah raga masyarakat tidak digerakkan," terangnya.

"Hanya di tengah masyarakat yang rajin dan gemar berolahraga yang menjadikan olah raga gaya hidup, maka akan muncul talenta-talenta untuk atlet berprestasi," jelasnya didampingi Deputi Bidang Pemberdayaan Olah raga, Staf Khusus Menpora Bidang Pengembangan dan Prestasi Olah raga, dan LPDUK.

Menurutnya, momentum Fornas VI menjadi saat yang tepat untuk mengembalikan kejayaan slogan fenomenal yang pernah ada di olah raga tanah air.

"Pada saat Pak Hayono Isman menjadi Menpora (1993-1998) slogan itu ada, kemudian hilang. Dan malam ini pada saat Fornas VI, kita mulai lagi Memasyarakatkan Olah raga dan Mengolahragakan Masyarakat," terangnya.

Baca Juga:

Diakhir penyampainnya, melihat animo dan antusias masyarakat Indonesia untuk bergerak dan berolahraga pada Fornas VI di Palembang yang akan diselenggarakan hingga sepekan hari kedepan.

"Saya mendapat laporan kehadiran peserta Fornas VI ini lebih banyak. Dan dibiayai secara mandiri, ini luar biasa. Hanya ada di olah hraga masyarakat yang pesertanya mau keluar biaya sendiri dan datang ke tempat penyelenggaraan. Saya apresiasi dan pemerintah salut kepada para pegiat olah raga masyarakat," pungkas Menpora RI.

Berikutnya, Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman menyampaikan bahwa jumlah peserta yang hadir hingga malam pembukaan Fornas VI Sumsel 2022 adalah berjumlah 9.000 an peserta.

"Jumlah peserta yang sudah hadir sampai hari ini di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai kira-kira 9.000 pegiat olah raga dari seluruh tanah air. Dari jumlah 12.141 yang terdaftar di Fornas VI insha Allah mereka akan bergabung mulai esok hingga tanggal 5 Juli mendatang sehingga jumlah itu akan terpenuhi," katanya.

Para peserta Fornas ke-VI dari 34 provinsi, akan mengikuti 709 nomor perlombaan dan pertandingan jenis olah raga. Yang dilaksanakan oleh 55 Induk olah raga (Inorga) tradisional dan kreasi budaya, dari rumpun kesehatan dan kebugaran, dan juga dari rumpun petualangan dan tantangan serta 9 Inorga ekhibisi  sehingga total 64 Inorga.

Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama