Edukasi Siswa Baru, Fortasi SMP MBS Wanasari Gandeng Dinas Lingkungan Hidup


Edukasi Siswa Baru, Fortasi SMP MBS Wanasari Gandeng Dinas Lingkungan Hidup

Agenda Rutin Tahunan Forum Taaruf dan Orientasi Siswa/Fortasi -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah, SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Wanasari sebagai lembaga pendidikan formal dibawah naungan Pondok Pesantren Muhammadiyah K.H Mas Mansur Wanasari  menggelar agenda rutin tahunan yaitu Forum Taaruf dan Orientasi Siswa atau Fortasi.


Pada tahun ajaran 2022/2023 ini Fortasi SMP MBS Wanasari mengusung tema “Pelajar Muhammadiyah Siap Menghadapi Dinamika Peradaban”. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, dari tanggal 13 hingga 17 Juli 2022.


Adapun tujuan dari kegiatan FORTASI ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa-siswi baru SMP MBS Wanasari, sekaligus membekali para siswa baru dengan berbagai macam materi dan kegiatan dengan harapan para siswa baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.


Salah satu agenda dalam FORTASI SMP MBS Wanasari adalah sosialisasi mengenai pelestarian lingkungan hidup dimana dalam kegiatan ini, SMP MBS Wanasari bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes untuk mengedukasi para siswa baru SMP MBS Wanasari agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan, baik lingkungan sekitar, maupun lingkungan yang lebih luas lagi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Juli 2022. 


Kepala SMP MBS Wanasari Fatikh Muhammad Alaudin menyampaikan dalam sambutannya, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan. 


“Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi siswa-siswi baru kami tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, baik di lingkungan sekitar maupun dalam jangkauan yang lebih luas lagi", paparnya. 


Dalam kegiatan sosialisasi, hadir sebagai pembicara, Da’an Susanto selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes menyampaikan, dalam menjaga kelestarian lingkungan, tidak bisa hanya dilakukan oleh segelintir orang saja, tetapi juga oleh seluruh elemen masyarakat termasuk pelajar-pelajar yang ada di Kabupaten Brebes.


“Sebagai generasi penerus bangsa, pelajar khususnya di SMP MBS Wanasari harus peduli dan mau menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk kemaslahatan bangsa", ungkapnya.


Lebih lanjut, Da’an berpesan agar siswa-siswi SMP MBS Wanasari selain menjalankan kewajiban belajar, ia juga berharap mereka mulai mengambil peran dalam melestarikan lingkungan diantaranya dengan memilah sampah, mengurangi polusi udara, dan ikut serta dalam program penanaman pohon dilingkungan sekitar.


"Mulai hari ini sampai seterusnya, ayo kita sama-sama aktif dalam melestarikan lingkungan yang hijau dan sehat, dengan cara memilah sampah, mengurangi polusi, atau ikut memperbanyak pepohonan disekitar kita", imbuhnya.

Di Akhir kegiatan, secara simbolis Da’an Susanto menanam satu bibit tanaman di salah satu area yang ada di SMP MBS Wanasari. DLHPS Kabupaten Brebes juga  memberikan beberapa bibit tanaman untuk ditanam disekitar lingkungan sekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.


Selain kegiatan sosialisasi mengenai pelestarian lingkungan hidup, kegiatan Fortasi SMP MBS Wanasari juga diisi oleh kegiatan dan materi yang menunjang siswa siswi baru seperti materi kepemimpinan, kesehatan, kemuhammadiyahan, kemandirian, dan diakhiri dengan kegiatan outbond.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama