Desa Adi Luhur Dapat Kegiatan Program Pamsimas di Tahun 2021


Desa Adi Luhur Dapat Kegiatan Program Pamsimas di Tahun 2021

Bentuk Pembangunan
Pamsimas Desa Adi Luhur
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Desa Adi Luhur, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji, Lampung melaksanakan pembangunan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III.
Hibah Khusus Pamsimas merupakan modifikasi dari Hibah Insentif Kabupaten (HIK), Hibah Khusus ini dilaksanakan sebagai dukungan peningkatan kualitas pelayanan serta perbaikan kinerja Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) pedesaan untuk memastikan keberlanjutan pelayanan air minum dan sanitasi tingkat Desa.

Hibah Khusus Pamsimas (HKP) di kelola oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat(KKM) Tirto Kencono.

Terkait kegiatan itu, Ketua Kelompok KKM Tirto Kencono, Ari Dwi Santoso mewakili Kepala Desa Adi Luhur Suharman, mengatakan 
Program Pamsimas yang sudah memasuki tahap 95% Progres pembangunan dan diperkirakan pertengahan Bulan September ini selesai atau rampung 100%. 

"Alhamdulilah dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat serta Kabupaten Mesuji, Tahun ini Desa kita mendapatkan kegiatan. Harapannya setelah selesai pekerjaan ini nanti masyarakat Desa Adi Luhur bisa merasakan manfaat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Ari di lokasi pembangunan di RK 6 RT 1.

Di tempat terpisah Muhyi selaku Ketua Satuan Pelaksana(SATLAK) KKM Tirto Kencono menjelaskan, ”Pada Tahun ini melalui program Pamsimas lll tahun 2021. Kami membangun menara Air, lalu kita buat juga sarana Tempat Cuci Tangan(TCT) yang letaknya di Balai Desa, dan ada juga fasilitas umum  jamban di Sekolah Dasar(SD). Jamban di sekolah kita rehab di lengkapi riling pegangan untuk disabilitas dan lansia dan ditambah kloset duduk, sebagai bentuk Kampanye Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), terang Muhyi.

Muhyi berharap, tahun depan Desa Adi Luhur bisa mendapatkan lagi Program-program dari Pemerintah Kabupaten atau pusat seperti Pamsimas HID MAMA.

" Program itu agar pencapaian progres lebih maksimal khususnya di bidang air mengalir,” harap Muhyi, Minggu(5/9/2021).


(M.Amin/Sagiman)

Lebih baru Lebih lama