10 Ribu Bibit Cengkeh Akan Disalurkan Kepada Kelompok Tani Natuna


10 Ribu Bibit Cengkeh Akan Disalurkan Kepada Kelompok Tani Natuna

Cengkeh-
NATUNA I KEJORANEWS.COM :  Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distan) Kabupaten Natuna akan menyalurkan 10 ribu bibit cengkeh untuk Kelompok Tani (Poktan) didaerah ini. Kelompok tani yang akan menerima bantuan tersebut adalah mereka yang sebelumnya telah mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan bibit cengkeh.

Pengadaan bibit cengkeh ini telah lama diusulkan atas permintaan dari petani, namun kegiatan ini terpaksa dipending karena terbentur dengan penanganan pandemi Covid-19.

Kabid Perkebunan Distan Natuna, Muharta Windra di Ranai mengatakan, penyaluran  bantuan bibit cengkeh tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. 

"Salah satu kelompol tani yang akan mendapatkan bantuan bibit cengkeh ini adalah poktan dari Desa Kelarik, ini akan kita utamakan dulu tetapi tidak tutup kemungkinan akan disalurkan juga untuk petani-petani lainnya, namun peruntukan awalnya untuk kelompok tani yang sudah mengajukan proposal," ujar Muharta, Kamis (09/09/2021).

Penyaluran bibit kepada petani tetap akan diberikan melalui kelompok tani, sesuai mekanisme yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

"Sistem penyaluran bibit cengkeh ini melalui kelompok tani, karena setiap bantuan yang disalurkan oleh dinas pertanian memang harus melalui kelompok tani dan lewat proposal bukan perindividu," terangnya. 

Penyaluran bibit kepada petani ini juga diberikan secara cuma- cuma tanpa ada pungutan pajak apapun.

"Penyalurannya selain gratis juga terhindar dari pajak PPN hanya PPh aja yang akan kita bayar," tutup Windra.

( Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama