Mengatasi Kekurangan Pengajar, Pemkab Lingga Ajukan 420 Tenaga Guru PPPK


Mengatasi Kekurangan Pengajar, Pemkab Lingga Ajukan 420 Tenaga Guru PPPK

Junaidi Adjam, Kadisdikpora Lingga-
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Untuk mengatasi kekurangan guru di daerah-daerah terpencil Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui surat Bupati Lingga mengajukan sebanyak 420 orang tenaga pendidikan dan kependidikan atau formasi guru untuk diajukan sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Terkait pengajuan formasi guru tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam, mengatakan bahwa hal tersebut upaya Bupati untuk menutupi kekurangan guru di beberapa wilayah di Kabupaten Lingga.

" Tentunya akan disortir lagi oleh kementerian terkait,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam, Kamis ( 25/3/2021).

Menurutnya,Surat tersebut sudah dikirimkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga, yang ditanda tangani oleh Bupati Kabupaten Lingga, Muhammad Nizar, yang ditujukan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Dengan diajukan jumlah PPPK tersebut, diharapkan dapat menjawab kekurangan guru yang ada di beberapa wilayah terpencil di Kabupaten Lingga.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Itjen Kemendikbud RI, ada beberapa kriteria utama yang diprioritaskan untuk dapat mengikuti seleksi PPPK 2021.

Di antaranya guru honorer di sekolah negeri dan swasta, termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya.

Kemudian terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Terkait hal itu juga, Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy berharap agar para guru dari putra putri Lingga yang masuk sebagai PPPK 2021 bersedia ditugaskan di daearah-daerah kepulauan tersebut.

" Kita sadari kondisi geografis kita, yang memang tidak mudah dijangkau, tapi kami yakin masih banyak putra putri daerah kita yang bersedia ditugaskan di daearah-daerah kepulauan,” ujarnya.

( Mardian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama