Kapolda Tinjau Kampung Tangguh di Bunguran Batubi


Kapolda Tinjau Kampung Tangguh di Bunguran Batubi

Photo Bersama-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau, Irjen Pol Aris Budiman, M.Si meninjau Kampung Tangguh Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, Selasa (30/03/2021).

Di sela -sela peninjauan, jenderal bintang 2 tersebut mengadakan pertemuan dengan aparatur desa dan masyarakat di Balai Pertemuan setempat.

Pada kunjungan ini, Kepala Desa Semedang, Jaalehkub kepada Kapolda menyampaikan, bahwa Kampung Tangguh Siaga diresmikan Kapolres Natuna pada tanggal 15 Juni 2020.

" Kampung Tangguh diresmikan berdasarkan tiga unsur yakni, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan dan Ketahanan Keamanan. Ketahanan pangan meliputi 15 hektar sawah padi, Sagu 5 hektar, Kelapa 15 hektar, Ubi 3 hektar, Pisang 5 hektar, Sayur mayur 2 hektar, Karet 15 hektar, Sapi 9 ekor, Ayam 1500 ekor. Ketahanan kesehatan terdiri dari Puskesdes 1 buah, Rumah Karantina Mandiri 1 buah, Kader Posyandu Balita 5 orang, Kader Posyandu lansia 5 orang, Kader Posbindu 5 orang, Kader Desa Siaga 5 orang, Kader BKB 3 orang, dan Kader Dasawisma 4 orang. Sedangkan Ketahanan Keamanan meliputi, Poskamling 1 buah, Babinsa 1 orang, Bhabinkamtibmas 1 orang, Linmas 2 orang, dan Pemuda Karang Taruna 15 orang." Ujarnya dalam kata sambutan.


Sementara itu Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman melalui Kadiv Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldendhardt mengatakan, Desa tersebut merupakan desa yang sudah dipersiapkan untuk menghadapi Covid-19.

“Kita sangat bersyukur bapak Kapolres bekerja sama dengan perangkat desa hari ini mampu mewujudkan desa ini sebagai desa tangguh. Tangguh dalam arti mampu menyiapkan ataupun menyediakan kebutuhan hidup masyarakatnya. Kedepan, juga diharapkan tangguh dalam mencegah hal yang dapat merusak mental dan perilaku masyarakat." Ujarnya.

Menurutnya, selain di Natuna ada beberapa Kampung Tangguh lainnya di Provinsi Kepri, karena ini merupakan salah satu program prioritas Kapolri.

“Hampir di setiap Kabupaten kota di Kepri ada kampung tangguh, di kabupaten kota minimal 3, sementara di kota seperti Batam bisa sampai 5 kampung tangguh, ”ujarnya.

Ia berharap ke depan, desa lainnya di Kabupaten Natuna mampu mewujudkan Kampung Tangguh seperti Desa Semedang.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga memberikan tali asih kepada aparatur di desa yang telah berjuang mewujudkan terciptanya Kampung Tangguh.

Usai meninjau Kampung Tangguh Semedang, Kapolda meresmikan Posko Satgas Penanganan Karhutla, Kecamatan Bunguran Batubi.



( Pjp)

Lebih baru Lebih lama