Camat RJU akan Tingkatkan serta Sejahterakan Masyarakat dengan Gali Pontensi Pertanian dan Bumdes


Camat RJU akan Tingkatkan serta Sejahterakan Masyarakat dengan Gali Pontensi Pertanian dan Bumdes

Camat RJU Samijo
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Camat bersama Konsultan Lampung berjaya Yohanes mendampingi Kades Rawa Jitu Utara ke-Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(PMD) untuk membahas Badan Usaha Milik Desa(Bumdes) dan menelusuri dokumen pembentukan Desa Ex Transmigrasi.


Camat Samijo menjelaskan, setelah dari kantor Dinas PMD dilanjut pertemuan dengan Kadin Prof Irfan untuk menggali potensi Rawa Jitu Utara(RJU) terkait prodak loka seperti Trasi, Kerupuk yang bahan bakunya dari ikan dan udang agar ada nilai jual dan usaha bisnis yang paling penting untuk menambah wawasan serta inofasi dalam menggali potensi untuk membuka peluang usaha baik pribadi atau badan usaha milik Desa, Kata Camat RJU, Rabu(3/2/2021).

Ia menegaskan bahwa pihaknya ingin berperan aktif agar setiap Bumdes di RJU ini dapat mendatangkan manfaat untuk masyarakat Desa.

Peran selaku Camat dalam program ini diawali dengan membuka wawasan pada Kepala Desa(Kades) dalam pengelolaan Dana Desa(DD).

Berikutnya, para Kades di Kecamatan RJU ini agar dapat mengoptimalkan potensi Desa dengan tetap berpegang pada kearifan lokalnya sendiri.

Lanjut Camat, dengan demikian dalam jangka pendek maupun jangka panjang dapat berproses menunjang pembangunan, baik fisik maupun SDM-nya.

Ketika berbicara dalam acara Optimalisasi dan Revitalisasi peran Bumdes untuk peningkatan perekonomian Desa pada masa pandemi Covid-19, Camat mengharapkan berbagai pihak terkait juga aktif dalam menyosialisasikan program dari Kabupaten Mesuji.

Hadirnya Konsultan Lampung Berjaya Yohanes bersama Kadin Prof Irfan ini diharapkan dapat memotivasi Kades Rawa Jitu Utara untuk memajukan Desanya.

"Semangat RJU mandiri harus kami hadirkan guna menumbuhkembangkan potensi Desa, misalnya untuk dijadikan sebagai ex transmigrasi," ucap Samijo.

Hal ini, menurut dia, dapat dikembangkan dengan mengoptimalkan Dana Desa. Oleh sebab itu, Dinas PMD selaku sahabat Desa yang akan memantau dan menyeleraskan alokasi Dana Desa untuk pengembangan BUMDes.

"Kuncinya adalah semangat, kemauan dari Kades dengan dukungan masyarakat. Saya yakin dengan potensi pertanian agar Bumdes hadir untuk meningkat dan kesejahteraan masyarat," kata Samijo.

Melalui tata kelola BUMDes yang baik, Camat Samijo berharap BUMdes menjadi sumber perekonomian yang mampu menstimulus kemakmuran Desa, harapnya.


(Hanapi) 

Lebih baru Lebih lama