Hari Ini, NU Sidoarjo akan Datangkan Mantan Teroris dalam Seminar Nasional


Hari Ini, NU Sidoarjo akan Datangkan Mantan Teroris dalam Seminar Nasional

                       Nashir Abbas
JATIM I KEJORANEWS.COM: Hari ini, MIinggu 31 Januari 2021, Nahdlatul Ulama (NU) akan memperingati hari kelahirannya (Harlah) yang ke-95 menurut kalender masehi pada tanggal 31 Januari 2021 dan ke-98 menurut kalender hijriyah pada tanggal 16 Rajab 1442 H akan datang.


Menyemarakkan Harlah NU itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar seminar nasional dengan mengusung tema “Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme dalam Perspektif Membangun Kejayaan NU dan NKRI” yang akan dilangsungkan di aula kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (31/01/2021).


Seminar akan digelar semi virtual, offline dan virtual melalui Zoom dan YouTube.
Panitia hanya menghadirkan sekitar 60 orang saja. 1 Narasumber utama akan hadir di lokasi. Yakni mantan teroris yang sekarang jadi pengamat radikalisme, Nashir Abbas. Rektor UINSA Masdar Hilmy dan Ketum PBNU, Said Aqi Siradj mewakilkan pada Sekjendnya, Faishal Zaini hadir virtual.

Sedangkan tamu undangan yang diharao datang antara lain pengurus PCNU (Mustasyar, Syuriyah, Tanfidz, dan A’wan). Juga Ketua lembaga, Badan aset dan kemaritiman PCNU, Ketua PC Banom, Ketua Aswaja NU Center Sidoarjo.

Tentang tema yang diusung dan kehadiran mantan teroris pada acara tersebut, Ketua Panitia, M. Subkhan mengatakan," Adanya undang-Undang pelarangan organisasi yang mengusung radikalisme mampu membungkam aksi, seolah mereka sedang tiarap. Namun, kita harus tetap waspada."

"Pada Harlah NU ini,  kita berharap menjadi momentum untuk mempelajari gerakan mereka agar kader-kader NU bisa tetap kokoh dari paparan radikalisme. Dari perspektif napi, kita bisa mempelajari gerakan mereka secara internal," lanjutnya.

Anis Hidayatie


 



Lebih baru Lebih lama