Desa Gedung Boga Menyelenggarakan MMD Tahun 2021


Desa Gedung Boga Menyelenggarakan MMD Tahun 2021

Hj. Yulida Sri Wahyuni
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Dalam rangka membahas Survey Mawas Diri(SMD) masyarakat Desa Gedung Boga, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji Lampung. Sesuai program dari Puskesmas Hadimulyo, Selasa 26 Januari 2021 telah digelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Kantor Desa Gedung Boga.


Kepa Desa Gedung Boga Yulida Sri Wahyuni, Spd mengatakan, penyelanggaraan MMD pada tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan MMD pada tahun 2020. Tahun ini peserta MMD hanya dihadiri oleh Team Puskesmas, Kepala Desa, beberapa perwakilan Kader Posyandu Desa Gedung Boga dan Perangkat Desa saja demi untuk mencegah adanya kerumunan massa yang berlebih disaat pandemi Covid-19, kata Yulida Sri Wahyuni.


Pada umumnya, tujuan dari dilaksanakan MMD ini adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayah Desa Gedung Boga. Setelah mengetahui masalah kesehatan yang dialami dan dimusyawarahkan bersama, harapannya masyarakat sepakat untuk menyusun rencana penganggulangan masalah kesehatan tersebut, harapnya.


MMD Tahun 2021 Desa Gedung Boga di pimpin langsung oleh Plt Kepala Puskesmas Dr. Zuli Eko Wahyudi di dampingi Kades Desa Gedung Boga Yulinda Sriwayuni, Spd. Beliau memberikan sambutan dan evaluasi singkat sebelum pembacaan materi MMD. kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hasil Survei Mawas Diri(SMD) oleh Team Puskesmas, selaku pemegang program.



“Kami mengharapkan agar Pemerintah Desa Gedung Boga bekerja sama dengan Puskesmas Hadimulyo untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat tidak kekurangan pengetahuan tentang kesehatan. Serta terus bekerja sama dan mendukung segala kegiatan dari Puskesmas untuk menanggulangi masalah kesehatan di Desa Gedung Boga,” jelas dr. Zuli Eko Wahyudi.


Selanjutnya materi MMD yang merupakan hasil evaluasi dari SMD dibacakan oleh Bidan Desa. Ada beberapa pokok permasalahan yang dibahas dalam MMD kali ini dan sedikit berbeda dengan MMD tahun lalu. Beberapa permasalahan hasil SMD tersebut adalah:


1. Pengetahuan tentang Covid-19

2. Penyakit tidak menular (PTM),

3. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

4. Implementasi Gizi

5. Kesehatan lingkungan

5. Imunisasi

6. Promosi kesehatan (pemberantasan nyamuk, konsumsi buah dan sayur, merokok didalam rumah).

7. Kesehatan lansia.


Keseluruhan permasalahan yang ada diatas dibahas satu per satu dan kemudian diadakan diskusi dengan kader posyandu dan Perangkat Desa. Setelah diadakan diskusi dengan semua peserta MMD didapati 3 Prioritas Permasalahan yang harus segera ditangani. Ketiga Prioritas Permasalahan tersebut adalah :


1. Penyakit tidak menular (PTM)

2. Kesehatan Ibu dan Anak, dan

3. Imunisasi


Selanjutnya Puskesmas Hadimulyo akan membahas ketiga Prioritas Permasalahan tersebut secara intern dan akan mengusahakan agar ketiga permasalahan tersebut masuk kedalam skala prioritas kerja Puskesmas Hadimulyo tahun 2021 ini.

Peserta MMD


(M. Sagiman) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama