Pleno KPU Malaka : SN-KT Unggul 984 Suara dari SBS-WT


Pleno KPU Malaka : SN-KT Unggul 984 Suara dari SBS-WT

Rapat Pleno KPU Malaka-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, dalam penghitungan suara pemilih pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2020 menyatakan Pasangan Calon ( Paslon) nomor urut 1, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H dan Louise Lucky Taolin ( SN-KT) unggul dari Paslon nomor urut 2, dr. Stefanus Bria Seran, M.Ph dan Wendelinus Taolin ( SBS-WT) yang merupakan petahana. 

Berdasarkan pleno rekapitulasi pemilihan bupati dan wakil bupati Malaka yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka, NTT pada Rabu (16/12/2020) itu. Paslon  SN-KT mengungguli calon petahana SBS-WT dengan jumlah suara sebanyak 984.

Ketua KPUD Malaka, Makarius Bere Nahak, menetapkan perolehan suara
untuk pasangan nomor satu SNKT sebanyak 50.890 dan pasangan nomor dua SBS WT 49. 906

Sementara untuk partisipasi pemilih 85,32%, hal tersebut disampaikan ketua KPU dalam penetapan perolehan suara dalam pleno tingkat Kabupaten Malaka. 

Rapat yang juga berlangsung di Paula Suster Betun ini dihadiri saksi yang ditunjuk Paslon dan Bawaslu.

Terkait hasil itu, saksi dari pasangan nomor 2, SBSWT tidak bersedia menanda tangani berita acara dengan alasan banyak intimidasi terhadap masyarakat pemilih atau pendukung SBSWT serta alasan lainnya. 

Padahal pada saat pleno berjalan di tiap kecamatan saksi 02 menyetujui untuk ditetapkan dan begitu sudah ditetapkan oleh KPUD, saksi paslon nomor dua SBSWT menolak untuk dilakukan tanda tangan berita acara (BA) hasil pleno.

Walau demikian KPU Malaka bersama saksi paslon nomor satu, tetap menandatangani sesuai kententuan yang berlaku.

 Rapat pleno yang dijaga oleh aparat keamanan ini berlangsung aman hingga selesai. 

( Jm)
Lebih baru Lebih lama