{[["☆","★"]]}
Peserta JKN - KIS
BATAM I KEJORANEWS.COM :Program realisasi tunggakan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, banyak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di kota Batam. Program tersebut bertujuan untuk memberikan keringanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memiliki tunggakan iuran.
 
Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Batam, Muryawan mengatakan total peserta yang mendaftar untuk program realisasi sampai dengan 17 Oktober 2020 di kota Batam adalah sejumlah 1.497 peserta.
 
Jumlah tersebut adalah total keseluruhan yang mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Care Center 1500 400 maupun Saluran Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) dengan rincian 685 peserta mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN, 10 peserta melalui BPJS Care Center 1500 400 dan 802 peserta melalui SIPP di kantor cabang.
 
“Lebih banyak melalui SIPP di kantor cabang karena kebanyakan peserta yang mendaftar tidak memiliki akses ke Mobile JKN karena terbatasnya gadget yang dimiliki peserta,” katanya.
 
Ia menjelaskan, dari 1.497 peserta yang mendaftar program relaksasi, 1.232 peserta sudah melakukan pembayaran melalui cicilan. Jumlah ini, akan terus meningkat mengingat proses pendaftarannya juga mudah dan channel pendaftarannya juga banyak.
 
“Bagi peserta yang menunggak iuran JKN-KIS, kami harap untuk dapat memanfaatkan program ini, karena mudah dan membantu meringankan peserta," tutupnya, di Kantor BPJS Kesehatan Batam, Batam Centre - Batam (14/11)
 
Di tempat yang sama, Salah satu peserta JKN-KIS, Tresniati mengatakan pendaftaran program relaksasi tidak sulit. "Saya kebetulan tau program ini dari tetangga, karena tunggakan saya banyak sekitar 2,6 juta rupiah, saya memutuskan untuk ikut program ini,” katanya yang telah menyelesaikan pendaftaran program relaksasi.
 
Selama kepesertaan tidak aktif, lanjutnya biaya pribadi untuk melakukan pengobatan. Mengingat dalam waktu dekat akan melakukan operasi yang membutuhkan biaya besar, ia disarankan untuk mengaktifkan lagi kepesertaanya melalui program relaksasi.
 
"Alhamdulillah prosesnya tidak sulit, datang ke kantor dengan membawa KTP dan kartu saja sudah bisa daftar," tutup warga Taman Sari Hijau, Sekupang - Batam.
 
 
Andin Pratama
 
Top