Dapat Diwariskan Ke Generasi Berikutnya, Perawatan Tanaman Hias ala Vivin Orchid Garden


Dapat Diwariskan Ke Generasi Berikutnya, Perawatan Tanaman Hias ala Vivin Orchid Garden

Tanaman Hias Batam, Bonsai
Tanaman Hias Bonsai
BATAM I KEJORANEWS.COM :Tanaman hias, asal muasal adalah tanaman yang hidup didalam pedalaman hutan di berbagai penjuru dunia. Dan beberapa negara jenis tanaman hias ini, seperti di China memiliki kepercayaan dapat membawa keberuntungan seperti tanaman hias Bambu Hoki yang hidup di air. Jum'at, (09/10/2020)
 
Menelusuri lebih jauh akan perawatan dan jenis tanaman hias ini, yang mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang ditanam sebagai penghias ruangan, memperindah taman rumah, dan lainnya.
 
Wakil Direktur Vivin Orchid Garden, Indra Setiawan
Wakil Direktur Vivin Orchid Garden, Indra Setiawan
 
Terkait perawatannya, Wakil Direktur Vivin Orchid Garden, Indra Setiawan menyampaikan bahwa tanaman hias gampang-gampang susah, karena salah perawatan bisa mati, dan sebaliknya semakin bagus perawatannya semakin lama usianya/tumbuhnya dan bisa di wariskan ke generasi penerus.
 
Oleh karenanya, tumbuh berkembang tanama hias sebaiknya menggunakan media tanam tanah hitam, dan trubus (Media tanam mengandung organik, unsur hara, pestisida organik, pH netral, serta pemberian vitamin.
 
Berikutnya, untuk pemindahan tanaman ke wadah/pot yang baru, akar tanaman harus ikut terangkat. Sebelum ditempatkan sesuai keinginan, terlebih dahulu di taruh di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari (dikolong) sekitar seminggu sampai setengah bulan.
 
Tamanaman Hias, Genus Aglaonema
 
Ia menyarankan, tanaman hias sebaiknya menggunakan media tanam trubus. Karena tanaman ini butuh okskigen yang banyak, sementara media tanam tanah hitam untuk jenis pohon dan tanaman buah-buahan.
 
Tanaman Hias Batam, Rambat jenis Janda Bolong, Sirih, dll
Tanaman Hias Batam, Rambat jenis Janda Bolong, Sirih, dll
"Penggantian media tanam rata-rata setahun sekali, apabila struktur media sudah mulai padat baru diganti. Pemberian air bagi tanaman hias dan buah-buahan, sebaiknya menggunakan semprotan atau spray. Dan seminggu sekali pemeberian vitamin," jelasnya di lokasi penjualan tanaman hias, Batam Kota - Batam (Depan Kantor Satlantas Polresta Barelang).
 
 
Berikut sebagian dari ratusan jenis tanaman hias, dan harga jual, yang berhasil pewarta himpun, di Vivin Orchid Garden, diantaranya:
 
Anggrek (Orchidaceae), Jenis Dendrobium, Bulan, Vanda, dll. Perawatannya sedikit manja tidak boleh kena panas langsung (12 jam terpapar sinar matahari), sangat bagus di ruanganan ber AC/adem, tanaman ini ada yang berasal dari provinsi Papua, dengan harga mulai Rp 500 ribu.
 
Tanaman rambat (Monstera deliciosa), Jenis Janda bolong, Sirih, dll. Paling gampang merawatnya, agar tampak menawan dikasih tangkai/penyangga, kalau tidak akan menjalar kemana-mana, harga jenis tanaman rambat ini mulai dari Rp 350 ribu.
 
Semak (Genus Aglaonema), Red anjamani, Red stardust, Sri Rezeki, dll. Penempatannya boleh di luar ruangan tapi dengan suhu tidak terlalu panas, untuk harga mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 600 ribu.

Tanaman Hias Batam, Kaktus Mini
Tanaman Hias Batam, Kaktus Mini

Kaktus (Cactaceae). Perawatannya dalam seminggu sekali di kasih air, dan sekitar 4 bulan dikasih pupuk. Untuk harga yang mini mulai dari Rp 50 ribu, dan besar Rp 500 ribu.

 
Bonsai, tanaman ini terdapat beragam jenis batang pohon, diantaranya tegak lurus vertikal, berkelok-kelok, miring, sarung angin, menonjolkan akar, dll. Untuk penempatannya bisa dimana saja.Harga jual mulai dari jutaan rupiah.
 
Tanaman buah-buahan, beragam mencapai 30 sampai 40 jenis buah-buahan. Tanaman buah-buahan ini dapat tumbuh di pot/wadah. Pohon buah disini sudah berbuah semua dan yang lagi ditunggu berbuah pohon durian. Untuk harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
 
Diakhir pertemuan selaku pengelola tanaman hias menceritakan bahawa hadirnya Vivin Orchid Garden berawal dari kecintaan terhadap tanaman. Pada bulan April tahun 2018, Bapak Indra Setiawan bersama Orang tua/Ibu, dari kota Bogor - Jawa Barat, membuka penjualan tanaman hias di kota Batam.
 
 
 
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama