Bangga, Purbalingga Masuk Nominasi Lomba TMKK Tingkat Provinsi Tahun 2020


Bangga, Purbalingga Masuk Nominasi Lomba TMKK Tingkat Provinsi Tahun 2020


PURBALINGGA I KEJORANEWS.COM: Masih dalam rangkaian memperingati HUT ke-75 TNI, berbagai kegiatan digelar, salah satunya melalui lomba TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada tahun 2020 kali ini, Kabupaten Purbalingga  berhasil masuk dalam nominasi tiga terbaik  ajang Lomba TMKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, Rombongan Tim Penilai tingkat Provinsi dari jajaran Kodam IV Diponegoro, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jawa Tengah dan BKKBN Provinsi Jawa Tengah  melakukan tinjauan langsung ke Purbalingga, tepatnya di Kampung KB Desa Sempor Lor Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga dan Puskesmas Serayu Larangan, Rabu(14/10/2020).

Sebelum melaksanakan tugasnya, rombongan tim penilai transit di Makodim 0702/Purbalingga dan disambut langsung oleh Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han beserta Perwira staf jajarannya serta perwakilan dari dinas terkait dalam kegiatan ini.

Ketua tim penilai provinsi Jawa Tengah, Letkol Inf. May Artantyo selaku Pabandya Bhakti Sterdam IV/Dip mengungkapkan, kedatangan tim ke Purbalingga adalah untuk menilai dan meninjau langsung lomba TMKK tingkat Provinsi Tahun 2020 dimana Purbalingga merupakan salah satu nominator terbaik dalam lomba tersebut.

“Maksud serta tujuan kedatangan tim adalah untuk menilai sekaligus melihat langsung sejauh mana perkembangan tingkat dan kualitas data-data yang ada selama ini berkaitan dengan KB,bagaiamana upaya Pemda pada setiap pelaksanaan nya. Sekaligus, mendorong para Babinsa dalam pelaksanaan pendampingan pada setiap pelaksanaannya serta dapat  menjadi motor dalam setiap kegiatan  agar terjadi peningkatan sinergitas dan kerjasama dalam setiap kegitannya,” tuturnya.

Menurut Letkol Inf May Artantyo,” yang akan dinilai dalam peninjauan kali ini diantaranya yaitu kegiatan pelayanan kesehatan, kegiatan penyuluhan KB, kegiatan posyandu, kegiatan Tri Bina Keluarga, Remaja dan Balita, kegiatan UPPKS, kegiatan pelayanan peserta KB baru minimal 100, kegiatan kampung KB, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan giat KB,” tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dandim mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Penilai dari Provinsi Jawa Tengah yang telah berkenan melakukan tinjauan penilaian langsung di Purbalingga. “TMKK merupakan kegiatan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan  yang merupakan implementasi dari kemanunggalan, kontribusi dan partisipasi, kemitraan antara jajaran TNI dan BKKBN dalam hal ini Dinsos-P2KB dan Dinas Kesehatan dengan masyarakat dalam membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan  pengendalian laju pertumbuhan penduduk agar dapat seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi,” terangnya.

Sementara itu turut dijelaskan oleh Drs. Yuli Arsianto, M.M dari DP3AP2KB bahwa,” keberhasilan dari program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) diharapkan dapat menghasilkan SDM yang tangguh yang mampu meningkatkan derajat ketahanan nasional, serta memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional, dan pada akhirnya akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Ditambahkan Yuli Arsianto, kegiatan TMKK ini sejalan dengan arah kebijakan program KKBPK mengacu pada upaya agenda Prioritas Pembangunan Nasional (Nawacita). Sebagai salah satu program unggulan yang masih terus dikembangkan diantaranya adalah pembentukan Kampung KB, sebagai program integrasi dari berbagai OPD dalam mencapai masyarakat yang lebih berkualitas.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia karena program KKBPK dalam kurun waktu 10 tahun terakhir menunjukkan hasil yang menggembirakan terutama dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dibidang kependudukan dan KB. Oleh karena itu,sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, maupun mitra kerja di semua tingkatan wilayah perlu terus ditingkatkan dan dioptimalkan dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK,” paparnya.

Yuli Arsianto berharap dengan adanya penilaian ini, kegiatan TMKK di Kabupaten Purbalingga dapat menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Tengah, sehingga dapat memacu semangat pada tahun-tahun mendatang.

(Pendim 0702/Purbalingga)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama