{[["☆","★"]]}
Tour d'Bintan 2020
BATAM I KEJORANEWS.COM: Bifza Cycling Community (BCC) BP Batam dengan thema : “Tour d’Bintan 2020, gowes wisata & kuliner”, melaksanakan kegiatan tour ke pulau Bintan Propinsi Kepulauan Riau, dengan jarak tempuh perjalanan 70 km. Senin, (22/06/2020)

Dengan tetap berpedoman pada protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, seperti memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan, kegiatan ini berhasil dilakukan.

Kegiatan ini diikuti 38 pesepeda yang merupakan karyawan dan keluarga BP Batam. Ikut serta dalam kegiatan tersebut:
Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan
Kepala Biro Umum BP Batam Kurnia Budi
Kepala Pusat Harmonisasi Kebijakan, Memet Rachmat
Manajer Air Baku-Hadjad Widagdo
Kabag Mutasi Kesejahteraan dan Sis Info SDM, Budi Susilo
Kabid Teknologi Informasi, Nova Faizal
Kasubdit Pembangunan Fasilitas Wisata dan Lingkungan Hidup, Harry Prasetyo
Kabag Rumah Tangga dan Pemeliharaan Aset, Juhardi

Dikarenakan dilakukan di luar daerah, BCC selalu melibatkan komunitas pesepeda lokal sebagai pemandu perjalanan dan sekaligus bersilaturahmi. Dan kali ini BCC melibatkan komunitas pesepeda Capung Tanjung Pinang yang menurunkan 3 pesepeda yang berpengalaman.

Peserta Foto Bersama di Tanjung Uban
Mengusung sub Thema pada kegiatan ini yaitu gowes, wisata dan kuliner, maka tempat pemberhentian untuk kegiatan ini dilakukan di 3 tempat yaitu setelah menempuh 17 kilometer perjalanan BCC singgah di Gurun Pasir Bintan untuk istirahat sejenak, lalu berhenti di kedai durian di jalan Lintas Bar setelah menyelesaikan 33 kilometer perjalanan.

Persinggahan terakhir sekaligus istirahat sholat dan makan siang (ishoma) di halaman Kantor BP Bintan yaitu setelah menyelesaikan 51 kilometer perjalanan, lalu menyelesaikan perjalanan menuju Pelabuhan ferry Sri Bintan Pura sejauh 19 km, sehingga total jarak perjalanan kali ini sejauh 70 kilometer.

Menurut pengurus BCC sekaligus pemrakarsa kegiatan ini, Juhardi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pemanasan karena ada rencana ke depan setelah suasana kondusif dan pandemi covid-19 berakhir, akan melakukan tour ke Minangkabau, dengan thema Tour d’Minangkabau.

"Kita upayakan akan melakukan kegiatan ini setiap tahun. Waktunya pastilah menyesuaikan, misalnya pas libur panjang, sehingga teman-teman BP Batam bisa ikut berpartisipasi. Semua Karyawan dan keluarga dipersilahkan ikutan, karena kita itu gowesnya santai, tidak kebut-kebutan. Toh, teman-teman BCC sudah terlatih karena setiap Rabu kita gowes ke kantor," jelasnya.

Bifza Cycling Community (BCC) BP Batam termasuk komunitas pesepeda yang aktif di Batam. Sejak berdiri tahun 2004 hingga saat ini telah melakukan banyak perjalanan ke luar daerah, seperti Tour Singapore-Johor tahun 2014, Tour Bali tahun 2015, Tour ke Padang tahun 2015, Tour Bangka tahun 2016, Tour Cipayung tahun 2016, Bergabung dengan club Gowes 6 dengan rute Ambarawa ke Borobudur, Tour Bukit Tinggi tahun 2017, Tour ke Rinjani Lombok tahun 2018, Tour Medan tahun 2018.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan menambahkan Tour d’Bintan ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dilakukan. Sebelumnya pada tahun 2018 pernah dilakukan 2 kali

"BCC tidak hanya aktif pada kegiatan bersepeda saja, namun setiap tahun terutama pada bulan Oktober, BCC selalu ikut aktif pada Kegiatan sosial penghijauan, yaitu melakukan penanaman pohon di pinggiran waduk," terangnya.

Kegiatan ini dilakukan 1 hari penuh di pulau Bintan. Dimulai dari keberangkatan jam 06:00 WIB pagi dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam, menyewa speedboat menuju Pelabuhan Tanjung Uban. Bersepeda menuju Kota Tanjung Pinang dengan jarak 70 kilometer. Lalu dengan Ferry di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang menyebrang kembali ke Telaga Punggur Batam jam 15:00 WIB.


Humas BP Batam
 
Top