Terkait Laporan Nelayan Anambas, PSDKP Batam Tangkap 2 KIA di WPP 711


Terkait Laporan Nelayan Anambas, PSDKP Batam Tangkap 2 KIA di WPP 711

KIA ilegal fishing saat beroperasi di WPP 711 -
ANAMBAS | KEJORANEWS.COM : Terkait adanya laporan nelayan Anambas beberapa waktu yang lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam kembali melakukan penangkapan 2 Kapal Ikan Asing (KIA) ilegal fishing di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 711 perairan laut Anambas dan Natuna.

"Laporan nelayan sudah kami tindak lanjuti, dan sekitar 2 jam lagi kami akan membawa 2 kapal Vietnam yang dilaporkan kemarin ke Tarempa," Kata Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam Salman Mokoginta, Rabu (10/06/2020).

Diketahui KIA yang ditangkap tersebut memiliki sejumlah awak kapal dan merupakan orang asing asal Vietnam. 

"Dimana jumlah orang asing atau Vietnam sekitar 20 awak kapal," Sambungnya.

Dilain kesempatan, Effi Sjuhairi Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas juga membenarkan sudah mendapatkan laporan terkait penangkapan 2 KIA berbendera Vietnam yang akan dibawa ke Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Saya sudah disampaikan oleh pangkalan PSDKP Batam, sekitar 2 jam lagi, 2 Kapal Ikan Asing ilegal tersebut dibawa ke Tarempa," Ujar Effi.

Dengan adanya situasi pandemi Covid-19, Effi akan melakukan koordinasi dalam penanganan.

"Saya belum dapat petunjuk, ini saya lagi koordinasikan ke PSDKP untuk menanyakan kira-kira apa yang bisa kita bantu," Jelasnya. 

Kemudian Effi juga mengatakan setelah mendapatkan petunjuk akan melakukan koordinasi dengan pihak berwenang di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Diketahui sebelumnya, nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas kembali mendokumentasikan berupa video Kapal Ikan Asing (KIA) yang melakukan pencurian di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 711 perairan laut Anambas dan Natuna pada Rabu 3 Juni 2020.

Selanjutnya pada 6 Juni 2020, laporan tersebut disampaikan kepada pihak berwenang dimana KIA dengan body kapal milik Vietnam sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan menggunakan alat tangkap jaring di koordinat 05.34.542 N - 106.03.711 E di laut dekat  pengeboran blok Kakap.


(Ardian) 
Lebih baru Lebih lama