{[["☆","★"]]}
Pekerja Indosat Oreedoo -
MESUJI I KEJORANEWS.COM : Pekerja lapangan perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo melakukan perbaikan jaringan internet di Tower Pematang Panggang OKI, Selasa(23/6/2020). 

Kadir pegawai lapangan PT. Indosat menyampaikan perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi jaringan internet kabupaten Mesuji lampung sampai Pematang Panggang, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Menurut Kadir, terganggunya jaringan internet di wilayah tersebut dalam beberapa Minggu lalu, akibat putusnya kabel serat optik bawah tanah yang diduga diputus pihak yang tidak bertanggung jawab. 

" Jaringan Indosat beberapa Minggu yang lalu sangat sulit Sinyal dikarenakan kuat dugaan diputus oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini menyebabkan terhambatnya semua aktivitas bisnis yang mengandalkan jaringan internet Indosat khususnya untuk kabupaten Mesuji lampung sampai Pematang Panggang." Ujarnya.

Salah satu solusi untuk mengantisipasi hal tesebut, katanya, adalah dengan menerapkan driversity jaringan. 

Kadir turut menjelaskan, bahwa perusahaannya memiliki lebih dari satu saluran dan rute yang berbeda termasuk memiliki Point of Presence (POP) di berbagai lokasi.

" Dengan begitu, jika satu jalur kabel mengalami gangguan kami bisa memanfaatkan jalur yang lainnya. Perusahaan kami telekomunikasi Indosat Ooredoo juga melakukan beberapa program ekspansi jaringan internasional. Kami juga mencermati masalah black Out karena putusnya kabel bawah tanah  dan masalah network latency (jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran paket data dari pengirim ke penerima), "  tutur Kadir.

 Agus Tono yang juga pekerja lapangan Indosat menambahkan, bahwa dalam mengatasi latency pihaknya membangun sejumlah PoP di Indonesia. Dengan adanya Pop tersebut maka jaringan bisa langsung ke pusat server.

" Masalah latency bisa teratasi dengan adanya jaringan langsung ke pusat server konten internet Indosat yang kebanyakan berada di Indonesia. Untuk itulah Indosat Ooredoo membangun PoP di Indonesia.Penempatan PoP di Indonesia ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan kualitas internet yang tinggi, terutama dalam mengakses content server yang berlokasi di Lampung, " lanjut Agus Tono.

Tambahnya, jntuk mengoperasikan PoP ini, Indosat Ooredoo berkerja sama dengan Equinix agar dapat terhubung langsung dengan PAIX yang ada di sana.

" Adapun Market yang kita tuju meliputi perusahaan Indonesia yang memiliki kantor pusat di Amerika dan menempatkan File/Hosting di wilayah AS. Selain itu, perusahaan yang membutuhkan akses koneksi yang cepat dalam mengirim atau menerima data dan mengakses konten yang ada di Indonesia, pungkas Agus Tono, ketika di jumpai di Tower Pematang Panggang OKI.

Equinix adalah Salah satu perusahaan data center asal Amerika Serikat yang dapat melayani pelanggan lokal dan global dengan layanan co- location, interkonektivitas, dengan menggunakan Platform Equinix.

( Yusri) 
 
Top