{[["☆","★"]]}
Kunjungan Peserta Didik di Perpustakaan
BATAM I KEJORANEWS.COM : Badan Pengusahaan (BP) Batam, sebagai salah satu institusi pemerintah turut berperan serta dalam meningkatkan minat literasi masyarakat, khususnya di Batam. Rabu, (18/12/2019)

Perpustakaan Khusus BP Batam. Meskipun perpustakaan tersebut adalah perpustakaan khusus, tetapi perpustakaan ini bersifat umum. Artinya, masyarakat dari semua kalangan dibolehkan untuk membaca dan menikmati fasilitas yang ada di perpustakaan ini. Sejak tahun 2017 hingga 2018, tercatat peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan.

Berdasarkan data yang diterima dari Perpustakaan BP Batam, pada 2017 jumlah kunjungan mencapai 3.670 orang dan mengalami kenaikan pada 2018 yang mencapai 4.153 orang.

Pengunjung ke Perpustakaan BP Batam terbanyak berasal dari pelajar dan mahasiswa, diikuti masyarakat umum, dan terbanyak ketiga merupakan Pegawai BP Batam. Ini membuktikan bahwa Perpustakaan BP Batam diminati oleh semua kalangan.

Koleksi Buku Perpustakaan BP Batam
Direktur Promosi dan Humas BP Batam mengungkapkan, untuk lebih meningkatkan kunjungan ke perupstakaan dan mendorong minat baca masyarakat, BP Batam berencana meningkatkan fasilitas yang ada di perpustakaan ini.

Ada beberapa rencana untuk mengembangkan Perpustakaan BP Batam pada tahun 2020 mendatang. “Informasi yang kami dapat dari Biro Umum dan Sekretariat bahwa akan ada rencana relokasi tempat agar Perpustakaan khusus ini memiliki gedung sendiri, yaitu di sebelah Gedung Annex 1,” katanya.

Dendi menambahkan konsep perpustakaan yang akan diusung adalah milenial dan menarik, agar para pengunjung yang kebanyakan generasi millenial merasa lebih nyaman, rencana berikutnya adalah mengubah kartu konvensional dengan kartu e-money yang memiliki berbagai fungsi.

Tidak hanya dipergunakan untuk akses peminjaman buku di perpustakaan BP Batam, tetapi di dalam kartu tersebut dapat digunakan saldo uang. Perpustakaan BP Batam saat ini tidak hanya menyediakan buku atau arsip yang dikeluarkan oleh Otorita Batam, perpustakaan BP Batam juga menyediakan buku umum.

“Untuk menarik minat baca masyarakat, disediakan juga buku bacaan sesuai permintaan masyarakat,” terang Direktur Promosi dan Humas BP Batam.

Ditempat terpisah, Kasubag Perpustakaan, Kasubbag Arsip Erdy Yanto mengungkapkan perpustakaan BP Batam berencana akan melakukan alih media, digitalisasi buku yang nantinya dapat diakses di website dengan alamat www.perpustakaan.bpbatam.go.id agar memudahkan para pembaca untuk mengaksesnya.

Saat ini Perpustakaan BP Batam menggunakan aplikasi Online Public Access Catalog (OPAC) untuk pencarian bahan pustaka. Para pengunjung dapat mengakses letak buku melalui komputer yang telah disediakan.

Perpustakaan juga memiliki bahan pustaka berupa CD dan sarana multimedia audiovisual. Kini, koleksi buku yang ada di perpustakaan yang berdiri pada 26 Oktober 2008 tersebut, berjumlah kurang lebih 9.474 eksemplar dengan 8.693 judul buku, dan jumlah keanggotan sebanyak 1.089 anggota.

Buku-buku ini dapat dipinjam dengan menggunakan kartu anggota perpustakaan. Kartu anggota dapat dimiliki dengan melampirkan identitas diri pada staf perpustakaan. Perpustakaan BP Batam terbuka untuk umum setiap hari kerja, yakni hari Senin - Jumat pukul 08.00 WIB -16.00 WIB.



Humas BP Batam
 
Top