{[["☆","★"]]}
Titik Blind Spot Trailer, Bus Trans, Truck Gandeng
BATAM I KEJORANEWS.COM : Batam terkenal sebagai kota industri, dan rata-rata perusahaan menggunakan kendaraan ukuran besar baik truk gandeng hingga sekelas trailer. Jum'at, (16/08/2019)

Kendaraan tersebut, untuk memasok dan mendistribusikan alat-alat maupun kebutuhan industri, sehingga masyarakat Kota Batam sudah tidak asing lagi melihat mobil tersebut lalu lalang di sepanjang jalanan.

Dalam perjalanannya, banyak masyarakat mengeluhkan keberadaan mobil ini karena sopirnya terkesan tidak peduli dengan pengguna jalan lain. Sehingga dapat menyebabkan kecelakaan lalulintas (lakalantas) sampai memakan korban jiwa.

Dalam hal ini, Kasat lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati S.ik.,MH memberikan sedikit edukasi bagaimana apabila bertemu dengan kendaraan tersebut dijalan raya.

“Ada 4 titik Blindspot yang sebaiknya kita hindari apabila berpapasan dengan kendaraan besar tersebut. Makna dari Blindspot sendiri adalah area pandangan yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi, dan sebaiknya wajib kita hindari untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Ia melanjutkan, pertama (1) posisi didepan kendaraan, posisi ini menjadi area tidak terlihat dikarenakan posisi sopir berada tinggi diatas kendaraan sehingga tidak bisa memantau langsung area ini.

Kedua (2) posisi sebelah kanan kendaraan, posisi ini juga tidak terlihat juga karena diluar jangkauan dari kaca spion kendaraan sebelah kanan.

Ketiga (3) posisi sebelah kiri kendaraan, posisi di area ini juga tidak terlihat dikarenakan juga diluar jangkauan dari kaca spion sebelah kiri.

Keempat (4) posisi belakang kendaraan, posisi ini dianggap paling berbahaya karna sama sekali tidak terlihat oleh supir.

"Sebaiknya, hindarilah titik titik tersebut apabila menemukan kendaraan jenis besar ketika dijalan raya," jelas Kasat Lantas Polresta 

"Usahakan jaga konsentrasi, jangan panik, posisikan kendaraan anda agar terlihat oleh supir dan jangan tergesa gesa untuk menyalip, terakhir selalu berkomunikasi dengan membunyikan klakson pendek atau gunakan lampu dim," pungkasnya.





Andi Pratama
 
Top