{[["☆","★"]]}
Proses Penyembelihan Hewan Qurban
BATAM I KEJORANEWS.COM : Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan untuk kemudian dibagi-bagikan.

Mengikuti pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, yang memerintahkan untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing. Minggu, (11/08/2019)

Selanjutnya, setiap hari raya Idul Adha dianjurkan bagi seorang muslim yang mampu untuk dapat berqurban berupa kambing atau sapi.

Dihalaman Masjid Al-Munawwarah Kavling Siap Bangun (KSB) Mentarau, pada hari raya Idul Adha 1440 H / 2019 M. Panitia qurban kembali melakukan penyembelihan sejumlah sapi dan kambing dari warga yang telah terkumpul.

Proses Hewan Qurban Hingga Dapat Dibagikan
Selaku Ketua RW & Penasehat Panitia Kurban, Khairuddin Mingka mengatakan partisipasi warga berqurban tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, begitu juga penerima daging qurban.

"Pada Idul Adha 1440 H, terdapat delapan (8) ekor sapi dan 15 ekor kambing, dan ini dari warga di setiap RT, yang mana mereka menyicil dalam bentuk arisan qurban setiap bulannya," jelasnya

"Selain itu, ada juga dari warga seberang (Singapura/sekeluarga) yang kebetulan ada teman/kerabatnya yang tinggal disini jadi mereka ikut juga berqurban, harapan kedepan lebih banyak dan baik lagi dari tahun ini" terangnya yang juga sebagai penasehat panitia qurban.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia qurban, Syafi'i menambahkan penerima qurban ada peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana  telah membagikan kurang lebih 500 kupon daging qurban.

"Satu kantong daging kurang lebih 1 Kg untuk setiap kupon, dan pembagiannya merata untuk warga bahkan yang non muslim, mengekost hingga yang ngontrak," pungkasnya.

Dari pantauan pewarta dilokasi, kemeriahan hari raya qurban sangat terasa. Semua kalangan usia ikut menyaksikan panitia memproses hewan qurban yang menjadi menu makanan di setiap rumah warga KSB Tiban Mentarau, Sekupang - Batam.



Andi Pratama

 
Top