Natuna Dapat DAK untuk Pengembangan Kawasan Gunung Ranai


Natuna Dapat DAK untuk Pengembangan Kawasan Gunung Ranai

Hardinansyah, Kepala Dinas Pariwisata Natuna-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Kabupaten Natuna pada tahun 2023 ini mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat untuk bidang pariwisata. Bantuan teesebut adalah berupa pembangunan fisik di daerah objek wisata.


 Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Hardinansyah, di Ranai menjelaskan, bantuan tersebut diprioritaskan untuk pengembangan objek wisata Gunung Ranai.


Mengingat hingga kini meskipun merupakan salah satu objek wisata di Koya Ranai, namun status lahannya masih merupakan Hutan Lindung, dan sebagai syarat utama untuk pengembangan kawasan Gunung Ranai harus dibuatkan desain tapak dari KPHP provinsi Kepulauan Riau.


" Tahun ini kita prioritaskan pada objek wisata Geosite Gunung Ranai. Karena statusnya masih kawasan hutan lindung, maka dari KPHP Provinsi Kepri itu harus buat desain tapaknya dulu, itu syarat mutlak, jadi tahun ini kita mengarah kesana dulu," jelas Hardinansyah, Rabu (15/11/2023).


Sementara itu,selain fokus pada pengembangan objek wisata gunung Ranai, Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna juga telah merencanakan pembebasan lahan di kawasan wisata Pulau Senua melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Natuna.


 Pembebasan lahan ini juga terkait dengan adanya bantuan DAK dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan kawasan Wisata.


"Tahun ini kita upayakan pembebasan, nilainya Rp.600 juta, semoga tahun 2025 mendatang sudah bisa dilakukan pembangunan di Pulau Senua,'' tandas Hardinansyah. 


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama