Satlinmas dari 4 Tiyuh Kecamatan Gunung Agung Ikuti Bimtek


Satlinmas dari 4 Tiyuh Kecamatan Gunung Agung Ikuti Bimtek

Bimtek Satlinmas-
MESUJI I KEJORANEWS.COM : Polsek Gunung Agung bekerja sama dengan  empat Kepala Tiyuh, Kecamatan Gunung Agung gelar Bimtek (Bimbingan Teknis) untuk Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) atau kerap disebut Pertahanan Sipil (Hansip).


Kegiatan yang diadakan di balai Tiyuh Dwikora Jaya, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Senin 30 Oktober 2023 ini, bertujuan untuk meningkatkan wawasan para Satlinmas tersebut.



Hadir dalam acara tersebut, Serka Andy bersama Serda M.Rofik mewakili Danramil 412-01/Tulang Bawang Tengah, Kapten infantri Jauhari, Bripka Petrus SDP bersama Brigpol M.Sidik Saputra serta Bripda Kadek Fida Andika yang mewakili Kapolsek Gunung Agung, Iptu Irwan Susanto, S.E., MM., selanjutnya Kepala Tiyuh Dwikora Jaya, Dian Dwi Antoro.AMd.,Kep., Kepala Tiyuh Mekar Jaya, Candra., Kepala Tiyuh Tri Tunggal, Sumino., Kepala Tiyuh Jaya Murni, Sukatun., Sekertaris Kecamatan, Dewanto Istiyoso, S.H., mewakili Camat Gunung Agung, Wahyudi Alamsyah, SKM. Dan sebanyak 60 anggota Satlinmas dari keempat Tiyuh.



Kepala Tiyuh Dwikora Jaya, Dian Dwi Antoro, selaku panitia pelaksana mengatakan, kegiatan bahwa  tersebut  diadakan dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan bagi Satlinmas dan untuk bekal dalam melaksanakan tugasnya.


" Bimtek ini diikuti oleh Satlinmas dari Tiyuh Dwikora Jaya dari Tiyuh Tri Tunggal Jaya, Tiyuh Jaya Murni dan Tiyuh Mekar Jaya. Semua berjumlah enam puluh orang. Sedangkan tutornya dari Polsek Gunung Agung, Koramil Tulang Bawang Tengah dan dari Kecamatan Gunung Agung. Sumber dananya diambil dari Dana Desa(DD) tahap ketiga tahun 2023 dan Alhamdulilah berjalan dengan lancar tertib, baik dan benar, " ucapnya.



Bripka Petrus mengatakan bahwa Satlinmas adalah satuan pengamanan yang berada paling depan di setiap Tiyuh Masing-masing dan mempunyai peranan penting mengamankan wilayahnya, dan kerja Satlinmas tersebut katanya, sangat membantu TNI Polri dalam melaksanakan tugas.



" Maka untuk itu, anggota Satlinmas sewajarnya mendapat pelatihan untuk memberikan pengetahuan padanya. Sedangkan materi yang disampaikan kepada mereka adalah pengetahuan baris -berbaris dan dua belas pengetahuan tentang lalu lintas dan  pengetahuan umum. Hal itu sebagai bekal dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam menghadapi pemilihan umum yang akan datang tahun 2024 nanti, " jelasnya.



" TNI selalu siap melaksanakan tugas-tugas kemasyarakatan termasuk kegiatan Bimtek Satlinmas hari ini, dalam mendukung penyelenggaraan kenegaraan termasuk pengamanan Pemilu tahun 2024 yang akan datang." Ujar Serka Andy dari Danramil 412-01/Tulang Bawang Tengah.


Salah seorang Satlinmas, Katirin asal Tiyuh Dwikora Jaya mengatakan, ia sangat  senang mengikuti kegiatan tersebut


" Saya bersama teman -teman lainnya mendapat banyak masukan dari nara sumber yang sangat bermanfaat," ujarnya.





(Mumu Mahfudin/Yusri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama