Sebanyak 100 Rumah Risha untuk Korban Longsor Serasan Ditargetkan Selesai Juni 2023


Sebanyak 100 Rumah Risha untuk Korban Longsor Serasan Ditargetkan Selesai Juni 2023

Model Risha-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Proses pembangunan Rumah Instant Sederhana Sehat (Risha) bagi korban longsor di Kecamatan Serasan, ditargetkan selesai keseluruhan pada akhir Juni mendatang.


Target tersebut menurut Zubaidi, Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Sumatera Wilayah 3,  dilihat dari progress pengerjaan yang saat ini telah mencapai 15 persen, dari 100 unit yang dikerjakan.


"Progres 100 unit rumah itu saat ini mencapai 15 persen, 10 unit dalam proses naik atap, sementara selebihnya masih dalam proses penaikan bata, kita target selesai keseluruhan pada akhir bulan Juni 2023 mendatang," jelas Zubaidi melalui sambungan telepon, Selasa (23/5/2023).


Adapun type Rumah Instant Sederhana Sehat yang dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 2 hektar adalah RISHA type 36 dengan 2 kamar tidur. Selain 100 unit rumah, di lokasi relokasi itu juga dibangun musala, dan balai pertemuan, serta akses jalan menuju kawasan relokasi.


Untuk proses pembangunan 100 unit Risha plus musala dan balai pertemuan warga tersebut, seluruh material didatangkan dari luar daerah, termasuk bata ringan. Karena kata Zubaidi, di Pulau Serasan tidak ada material yang diperlukan sesuai dengan konsep pembangunan Risha tersebut.


"Semua  terpaksa didatangkan dari luar, karena di Serasan tidak ada materialnya," imbuh Zubaidi.


Sementara itu pembangunan Risha di Serasan dalam pelaksanaannya dikerjakan oleh perusahaan kontraktor Indah Karya, dan untuk tenaga kerja selain menggunakan tenaga kerja lokal , juga mendatangkan pekerja dari Pulau Jawa.


"Agar selesai sesuai target, kita terpaksa menggunakan banyak tenaga kerja," tandas Zubaidi.



(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama