Hari Arsip dan Buku Nasional, Bupati Beri Penghargaan ke Pelajar dan OPD


Hari Arsip dan Buku Nasional, Bupati Beri Penghargaan ke Pelajar dan OPD

Pemberian penghargaan kepada OPD yang tertib Arsip
dan pengunjung teraktif Perpustakaan daerah tahun 2022-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Tertib dalam hal dokumen kearsipan penting dilakukan tidak hanya oleh lembaga pemerintah namun juga perorangan. Hal ini disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi dalam kata sambutannya, pada peringatan hari Arsip dan hari Buku Nasional yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusipda ) Kabupaten Natuna, di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Natuna, Selasa (23/5/2023) pagi.


Bupati Natuna Wan Siswandi menambahkan, jika sitem kearsipan rapi dan tertib maka akan mempermudah dalam penyimpanan dokumen dan jika hendak mencari dokumen yang telah tersimpan lama, sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih dokumen dan juga menjadikan sistem administrasi lebih rapi.


"Kegiatan ini untuk kita semua yang hadir disini tanpa terkecuali. kalau bicara arsip ini adalah sesuatu hal yang sangat penting, bukan saja oleh pemerintah tapi juga setiap pribadi. Jika sitem arsipnya bagus maka akn mudah kita mencari suatu dokumen jika diperlukan," kata Bupati.


Bupati Natuna juga minta agar tertib dalam sistem pengarsipan segala jenis dokumen juga dilakukan oleh pemerintah Desa. Dalam pemerintahan Desa sistem kearsipan sangat penting, terutama untuk dokumen masalah tanah warga, agar tidak terjadi  kesalahan dalam pemberian surat alas hak, sehingga rentan terjadi konflik antar warga dan juga pemerintah Desa.


"Di tingkat Desa sangat diperlukan sistem kearsipan yang tertib terutama untuk masalah tanah, karena jika tidak maka akan terjadi tumpang tindih surat tanah, tentunya akan memicu konflik di kemudian hari," tambah Bupati.


Pada peringatan hari Arsip Nasional dan Hari Buku Nasional ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tertib arsip, selain itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada pengunjung perpustakaan daerah teraktif sepanjang tahun 2022, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Selain itu juga pemberian penghargaan kepada OPD yang tertib dalam sistem kearsipan, pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi dalam lomba pidato bahasa Inggris.


Bupati Natuna bersama Bunda literasi Natuna, Septi Dwiyani juga meresmikan ruang tambahan di gedung perpustakaan dan kearsipan daerah Natuna, pojok baca disabilitas, ruang laktasi, kantin DWP Perpusip, dan pojok baca perpustakaan digital di Pantai piwang.

Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan kata sambutan

Bunda Literasi Septi Dwiyani memasangkan selempang kepada siswa pengunjung perpustakaan teraktif tahun 2022

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna, Erson Gempa Afriandi menyampaikan laporan

Photo bersama usai pembukaan selubung Aplikasi Laksamana

Penandatanganan Kerjadama Dinas Perpusib Natuna dengan PGRI Natuna

Penandatanganan kerja sama Pemkab Natuna dengan TNI AL Ranai dalam hal distribusi buku perpustakaan


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama